Ilmuwan Cari Bukti Kehidupan di Mars dari Data Misi Viking

Kendaraan penjelajah Mars Curiosity sedang dalam perjalanan ke Mars untuk kemudian mendarat di kawah Gale pada pertengahan Agustus tahun ini untuk kemudian mencari tanda-tanda adanya air dan kehidupan pada masa lampau. Bukti kuat pernah adanya air dalam jumlah banyak di Mars, menjadi poin penting dan langkah pertama untuk misi pencarian kehidupan di planet merah tersebut.

Tapi apakah bukti itu sudah ditemukan? beberapa ahli mengatakan sudah.

Peneliti dari beberapa universitas di Amerika dan Italia, mempublikasikan tulisan mereka dalam Journal of Aeronautical and Space Sciences (IJASS), tentang data yang didapat dari misi Viking.

Dikutip dari universetoday.com, Rabu (09/05/2012), Viking 1 dan viking 2 yang diluncurkan pada Bulan Agustus dan September tahun 1975 berhasil mendarat di Mars pada Bulan Juli dan September tahun 1976. Misi tersebut pada prinsipnya bertujuan untuk mencari kehidupan menggali permukaan tanah di Mars mencari tanda-tanda respirasi dan sinyal dari aktivitas biologis. Hasilnya meskipun menjanjikan, akan tetapi kurang meyakinkan.

35 tahun setelah misi tersebut berlalu, satu tim peneliti mengklaim bahwa Viking telah berhasil mendeteksi tanda-tanda kehidupan. "Tanah yang aktif mengeluarkan gas", ungkap tim tersebut. "Gas tersebut kemungkinan CO2 atau gas radiokarbon lain.", tambah mereka.

Dengan menerapkan matematika yang kompleks untuk menganalisa data Viking secara lebih mendalam, peneliti menemukan sampel Mars yang berbeda dari materi non biologis.

Namun beberapa kritikus mengeritik bahwa kajian dari temuan tersebut belum disempurnakan, walaupun tidak meyakinkan, hasil investigasi dari data misi Viking tetap menarik untuk terus dipelajari. Tulisan tentang hal tersebut lebih lengkapnya bisa dibaca disini.