Mengenal Albireo, Bintang Ganda di Rasi Bintang Cygnus

Bintang ganda Albireo. Kredit: John Chumack
Info Astronomy - Apa bintang favoritmu? Kebanyakan orang mungkin akan menjawab bintang favoritnya adalah Aldebaran, Betelgeuse, Antares, ataupun Sirius. Mari perkenalkan bintang favorit penulis; Albireo!

Albireo, yang juga dikenal sebagai Beta Cygni, memang bukan bintang paling terang di langit malam. Namun, yang menarik dari bintang ini adalah, ia terlihat seperti bintang tunggal biasa bila diamati dengan kasat mata. Tetapi lihatlah melalui teleskop, kamu akan mengetahui mengapa Albireo bisa menjadi bintang favorit.

Dalam pandangan teleskop, kamu akan dengan mudah melihat Albireo sebagai bintang ganda yang indah, dengan satu bintang berwarna kuning keemasan yang terang, sementara pendampingnya adalah bintang biru yang lebih redup.

Tak perlu teleskop mahal, sebab dengan teleskop bermagnifikasi 30x kita sudah bisa mengamati dua bintang yang saling mengorbit satu sama lain ini.

Menemukan Albireo di langit malam juga mudah. Carilah rasi bintang Cygnus, ia merupakan rasi bintang yang juga dikenal sebagai Salib Utara. Bintang paling terang di Cygnus dikenal sebagai Deneb, satu dari tiga bintang dalam asterisma Segitiga Musim Panas (bersama bintang Vega dan Altair).

Letak bintang Albireo. Kredit: EarthSky.org
Sekali kamu menemukan Deneb, kamu juga bisa menemukan bintang Vega di rasi bintang Lyra dan bintang Altair di rasi bintang Aquila. Nah, bintang ganda Albireo berada di tengah-tengah asterisma Segitiga Musim Panas ini.

Dua bintang Albireo merupakan sistem bintang biner. Dengan kata lain, dua bintang tersebut bukan hanya kebetulan saja terlihat berdekatan dalam pandangan dari Bumi, melainkan mereka memang saling mengitari satu sama lain dalam satu pusat massa atau barisenter.

Walau tampak berdekatan dari Bumi, sejatinya kedua bintang ini terletak cukup berjauhan satu sama lain, bahkan diperkirakan memakan waktu hingga 100.000 tahun untuk sekali mengorbit satu sama lain. Sistem biner Albireo berjarak 430 tahun cahaya dari Bumi.

Albireo saja berpasangan, kamu kapan?