7 Juli: Planet Saturnus Berduet dengan Bulan

Konjungsi Saturnus dan Bulan, 7 Juli 2017. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Bila cuaca cerah, malam ini (7/7) kita berkesempatan melihat planet Saturnus yang tampak seolah berdekatan dengan Bulan yang telah berumur 13 hari, atau dua hari menjelang fase Bulan Purnama untuk Juli 2017.

Bulan dan planet Saturnus akan tampak bersebelahan sejauh 3,2° satu sama lain. Di Indonesia, pasangan benda langit ini bisa diamati mulai sekitar pukul 18.30 waktu setempat daerah Anda, ketika posisi mereka sudah lebih tinggi dari 25° dari cakrawala timur.

Satelit alami Bumi kita dan planet bercincin termegah se-tata surya ini kemudian akan mencapai titik tertinggi di langit malam pada pukul 22.18 waktu setempat, yakni ketika posisinya 74° dari cakrawala selatan. Keduanya akan terus bisa diamati sampai sekitar pukul 03.57 waktu setempat, saat mereka tenggelam di bawah 8° dari cakrawala barat.

Dalam pandangan mata telanjang, planet Saturnus hanya akan tampak bagaikan bintang kuning terang yang tidak berkelap-kelip. Anda membutuhkan teleskop untuk bisa melihat cincin Saturnus lebih jelas bahkan lengkap dengan satelit-satelit alami terbesar Saturnus.

Peristiwa ini merupakan peristiwa biasa dan bukan pertanda bencana. Bisa disaksikan di seluruh Indonesia selama cuaca cerah. Pada saat konjungi terjadi, cahaya Bulan memiliki magnitudo -12,5 dan Saturnus dengan magnitudo 0, keduanya berada di rasi bintang Ofiukus.