Header Ads

Bisakah Kita Membeli Sebuah Bintang untuk Dinamai?

Bintang-bintang. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Ada begitu banyak bintang di alam semesta, yang tentu tidak semuanya memiliki nama seperti Rigel, Betelgeuse, ataupun Proxima Centauri. Dan pertanyaannya, bisakah kita menamai atau membeli sebuah bintang untuk nantinya kita beri nama sendiri?

Jawabannya adalah ya, tapi juga tidak.

Ada sebuah lembaga yang berhak untuk menamai objek-objek alam semesta, mulai dari sekadar asteroid kecil hingga sebesar galaksi. Mereka adalah International Astronomical Union (IAU). Untuk menamai sebuah bintang, maka Anda harus mendapatkan persetujuan dari IAU.

Ada beberapa bintang dengan nama-nama tradisional yang telah diwariskan oleh astronom-astronom terdahulu. Sementara bintang-bintang lainnya diberi nama dalam beberapa ratus tahun terakhir oleh astronom-astronom yang paling berpengaruh di masanya.

Kebanyakan bintang yang sudah dikatalogkan, terutama yang redup, hanya diberi koordinat dan kode angka dalam katalognya. Ada jutaan bintang di luar sana yang hanya dinamai dengan kode huruf dan angka. Tapi mengapa demikian? Mengapa tidak semua bintang memiliki nama yang mudah diingat?

IAU sendiri sebenarnya tidak pernah membuka kesempatan siapapun untuk membeli bintang dan lalu menamainya, dan mungkin mereka tidak akan pernah membukanya. Intinya adalah, jauh lebih berguna bagi para astronom untuk mencari dan mempelajari bintang, daripada hanya sekadar menamainya.

Lalu, bagaimana dengan perusahaan swasta yang menawarkan layanan untuk menamai bintang? Masing-masing perusahaan tersebut memiliki basis data yang berisi katalog bintang pribadi mereka sendiri. Mereka akan memberikan Anda sertifikat dan petunjuk koordinat untuk menemukan bintang yang Anda beli di langit. Namun, nama-nama bintang yang Anda beli nantinya tidak diakui oleh IAU.

Anda tidak akan melihat nama Anda muncul dalam jurnal penelitian ilmiah (apabila bintang yang Anda beli sedang diteliti astronom. Bahkan, bintang yang Anda beli di perusahaan tertentu mungkin telah diberi nama juga oleh orang lain di perusahaan lain yang berbeda.

Jadi, bagaimana? Masih ingin menamai sebuah bintang dengan nama Anda atau nama orang terkasih?

Diberdayakan oleh Blogger.