Bagaimana Proses Pembentukan Planet?

Ilustrasi. Kredit: Kepler/NASA
Info Astronomy - Selain Bumi, Tata Surya kita memiliki 7 planet lainnya. Dan selain Tata Surya, masih ada bintang lain yang juga diorbiti oleh planet. Jumlah bintang begitu banyak di alam semesta, begitupun jumlah planet. Tapi, bagaimana sebuah planet bisa terbentuk?

Kita sejauh ini hanya bisa melihat hasil akhir dari pembentukan planet, bukan proses pembentukannya. Dan kita tidak punya contoh lain untuk belajar lebih jauh. Bahkan dengan pengetahuan yang diperoleh tentang Tata Surya kita, kita masih bertanya-tanya, apakah planet lain melalui proses pembentukan yang sama seperti planet kita?

Menurut pemahaman manusia modern saat ini, bintang dan planet-planet terbentuk dari awan debu dan gas yang runtuh yang disebut nebula. Ketika nebula runtuh ke dalam gravitasinya sendiri, ia akan menarik materi-materinya sehingga terkompresi dan, pada gilirannya, akan memanas. memadat, dan membentuk bintang muda baru.

Planet terbentuk di dalam piringan debu dan gas yang mengelilingi bintang muda tersebut. Di mana piringan debu dan gas ini disebut sebagai cakram protoplanet. Sistem planet, seperti halnya sistem planet kita, seperti merupakan "produk sampingan" dari pembentukan bintang.

Gravitasi bintang yang baru lahir mengumpulkan sisa gas dan debu di dalam sebuah cakram protoplanet yang mengorbitnya. Penggumpalan dalam piringan ini mengumpulkan lebih banyak dan lebih banyak lagi materi, sampai gravitasi mereka sendiri menjadi cukup kuat untuk mengkompres mereka ke dalam objek padat berbentuk bulat yang kita kenal sebagai planet.

Planet-planet yang baru terbentuk tersebut, karena momentum dari awal pembentukannya, akhirnya melakukan revolusi atau mengelilingi bintang induknya. Seperti halnya Bumi mengelilingi Matahari. Rotasi planet sendiri dianggap terbentuk akibat saat pembentukannya, para protoplanet ditabrak oleh benda-benda angkasa lain yang menyatu dengannya.


Telah diralat pada 24 Oktober 2016 19:28 WIB
Bagaimana Proses Pembentukan Planet? Bagaimana Proses Pembentukan Planet? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 10/24/2016 02:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.