Mengenal Bentuk Galaksi Lentikular

Galaksi lentikular terkecil, PGC 83677. Kredit: NASA/ESA/Hubble/Judy Schimdt
Info Astronomy - Bentuk-bentuk galaksi di alam semesta ada beberapa macam, mulai dari spiral, elips, tak beraturan dan bentuk lentikular. Dengan menggunakan Teleskop Antariksa Hubble, sekelompok astronom berhasil menemukan salah satu contoh galaksi lentikular. Apa itu galaksi lentikular?

Citra di atas berhasil diperoleh sebagai bagian dari Coma Cluster Treasury Survey menggunakan Teleskop Antariksa Hubble, sebuah survei pencitraan langit yang mendalam dari salah satu gugus galaksi terdekat dari galaksi Bima Sakti, Abell 1656 (dikenal juga sebagai Gugus Coma).

Citra dari Hubble ini mengungkapkan adanya dua sisi cakram galaksi yang relatif tenang dan inti galaksi yang sangat terang. Galaksi ini diketahui bernama PGC 83677, atau dikenal juga sebagai galakasi 2MASX J12571076 + 2.724.177 dan SDSS J125710.75 + 272.417,6, galaksi ini terletak kira-kira 300 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Coma Berenices.

PGC 83677 adalah galaksi lentikular, yakni bentuk galaksi yang berada di antara galaksi elips dan galaksi spiral menurut klasifikasi morfologi galaksi. Galaksi lentikular merupakan galaksi cakram (seperti galaksi spiral) yang telah menghabiskan atau kehilangan materi antarbintang mereka, sehingga galaksi tipe ini memiliki tingkat pembentukan bintang yang sangat rendah.

Galaksi lentikular ini seringkali mempertahankan debu yang cukup banyak. Hal ini mengakibatkan galaksi tipe ini pada umumnya memiliki bintang yang berusia tua. Dikarenakan lengan spiral yang tidak jelas, galaksi ini sulit dibedakan dengan galaksi elips.

Meskipun secara morfologi berbeda, galaksi lentikular dan galaksi elips berbagi sifat umum yang sama seperti fitur spektral, skala hubungan, dan keduanya dapat dianggap sebagai galaksi awal yang pasif berkembang.
Mengenal Bentuk Galaksi Lentikular Mengenal Bentuk Galaksi Lentikular Reviewed by Riza Miftah Muharram on 9/26/2016 12:15:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.