Kiat Memotret Galaksi Andromeda di Langit Malam

Galaksi Andromeda di langit Cangar, Jawa Timur. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Memotret bentangan galaksi Bima Sakti di langit malam mungkin sangat membuat ketagihan, tapi bagaimana kalau mencoba memotret galaksi lain seperti galaksi Andromeda? Galaksi Andromeda merupakan galaksi spiral terdekat Bima Sakti, ia cukup terang untuk dapat dipotret.

Peralatan yang dibutuhkan untuk memotret galaksi Andromeda ataupun objek langit jauh (deep sky object/DSO) lainnya dapat menggunakan kamera DSLR dengan lensa fix 50mm dan diafragma maksimum f.1,8. Selain peralatannya relatif murah, hasil jepretannya juga cukup memuaskan. Bahkan tidak perlu menggunakan teleskop.

Untuk pengaturan kamera seperti ISO dapat diatur ke maksimal 1600-3200, tergantung kondisi lokasi. Saya menggunakan ISO 3200 karena lokasi benar-benar gelap, sedangkan diafragma lensa saya atur ke f.2,8. Tapi mengapa saya atur ke f.2,8 bukannya f.1,8? Perlu diingat, diafragma lensa mempunyai titik fokus ketajaman, dengan kata lain sweet spot.

Untuk kecepatan rana (shutter speed) saya menggunakan 10 detik. Tidak perlu lama-lama kecepatan rananya karena ada sebuah perbedaan kenapa memotret dengan menggunakan lensa wide kit 18-55mm membutuhkan rana yang panjang 30 detik sedangkan lensa fix 50mm cukup hanya 10 detik.

Ada "rumus" tersendiri dalam astrofotografi supaya hasilnya tidak nge-trail (bintang-bintang di langit terlihat bergaris), yaitu "rule of 600", di mana 600 dibagi panjang fokal lensa sama dengan detik yang kita butuhkan untuk kecepatan rana. Contoh lensa kita 18mm, berapa detik rana yang dibutuhkan supaya hasilnya tidak nge-trail? Jawabannya, 600/18 = 33, hasilnya dapat kita bulatkan menjadi 30 detik saja.

Sekarang jika lensa kita fix 50mm, maka berapa detik rana yang kita butuhkan? Jawabannya maka 600/50 = 12 sekian detik atau bisa dibulatkan menjadi 10 detik saja. Nah, jika sudah memahami "rule of 600" ini, barulah kita bisa memotret galaksi Andromeda ataupun DSO lainnya.

Sekarang tinggal carilah lokasi yang gelap dan langitnya masih terbebas dari polusi cahaya maupun polusi udara. Anda dapat menggunakan aplikasi peta langit atau simak artikel di tautan ini untuk menemukan galaksi Andromeda di langit sebelum memotret.

Tips: Untuk memotret galaksi Andromeda, supaya hasilnya lebih jelas, perlu perangkat lunak penyunting foto khusus. Saya merekomendasikan Deepsky Stacker. Foto di atas adalah jepretan saya di Cangar, Jawa Timur. Foto itu saya gabungkan dari total 50 frames dengan exif data ISO 3200, rana 10", diafragma f.2,8. Jadi, selamat memotret!

Ditulis oleh Martin Marthadinata, astrofotografer.
Kiat Memotret Galaksi Andromeda di Langit Malam Kiat Memotret Galaksi Andromeda di Langit Malam Reviewed by Kontributor on 9/07/2016 11:23:00 AM Rating: 5