Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Perjalanan ke Planet Mars?

Stasiun luar angkasa Hermes pada film The Martian. Kredit: 20th Century Fox
Info Astronomy - Jika Anda ingin berkunjung ke Planet Merah, berapa lama waktu yang dibutuhkan? Jawabannya tergantung pada beberapa hal, mulai dari posisi antara Bumi dan Mars, sampai pada teknologi yang akan mengangkut Anda ke sana. Artikel ini akan mengulas beberapa poin yang paling penting untuk mencapai Mars.

Seberapa jauh Mars?

Untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai planet Mars, pertama kita harus tahu jarak antara dua planet, Bumi dan Mars. Semakin dekat jaraknya, semakin cepat kita bisa sampai ke Mars.

Mars adalah planet keempat dari Matahari, dan yang kedua paling dekat dengan Bumi (planet Venus adalah planet yang berjarak paling dekat). Namun, walaupun Mars planet paling dekat kedua dengan Bumi, jarak antara Bumi dan Mars terus berubah karena kedua planet ini melakukan revolusi mengelilingi Matahari.

Teorinya, jarak yang paling dekat antara Bumi dan Mars satu sama lain adalah ketika Mars berada pada titik terdekatnya dengan Matahari (perihelion) dan Bumi berada pada titik terjauh (aphelion). Ini akan menempatkan kedua planet pada jarak 54.6 juta kilometer satu sama lain.

Namun, posisi terdekat antara Bumi dan Mars di atas tadi belum pernah terjadi dalam sejarah. Pendekatan yang paling dekat antara kedua planet terjadi pada tahun 2003, ketika mereka berjarak 56 juta kilometer satu sama lain.

Selain ada jarak terdekat antara kedua planet, ada juga titik di mana kedua planet berada sangat berjauhan. yakni ketika Mars berada di oposisi dengan Matahari, yakni titik di mana Mars berada di "belakang" Matahari jika ditinjau dari Bumi. Pada titik ini, jarak antara Bumi dan Mars dapat menjadi 401 juta kilometer satu sama lain.

Rata-rata jarak antara Bumi dan Mars adalah 225 juta kilometer.

Kecepatan Cahaya

Cahaya bergerak pada kecepatan sekitar 299.792 kilometer per detik. Oleh karena itu, cahaya yang bersinar dari permukaan Mars (jika ada alien yang menyalakan senter misalnya), maka akan butuh waktu beberapa saat untuk mencapai Bumi (atau sebaliknya).

Jika Bumi dan Mars berada di titik terdekat, cahaya lampu senter alien di Mars akan butuh 182 detik, atau lebih dari 3 menit untuk mencapai Bumi. Jika Bumi dan Mars di titik terjauh, maka butuh 1.342 detik, atau lebih dari 22 menit. Dengan begitu, jika kita naik kendaraan secepat cahaya menuju Mars, rata-rata butuh waktu 12,5 menit.

Namun sayangnya, kendaraan secepat cahaya saat ini tidak ada, atau mungkin belum ada. Lagi pula, jika naik kendaraan berkecepatan cahaya, kita akan mengalami hal-hal seperti kontraksi, melambatnya waktu (waktu yang kita alami lebih lambat dari waktu di Bumi), dan butuh energi yang sangat banyak untuk melakukannya.

Pesawat Antariksa Tercepat Sejauh Ini

Pesawat antariksa tercepat yang diluncurkan dari Bumi adalah milik NASA, yakni wahana antariksa New Horizons, yang berhasil terbang lintas dekat Pluto pada 14 Juli 2015 silam. Pada bulan Januari 2006, wahana antariksa New Horizons meninggalkan Bumi pada kecepatan 58.000 kilometer per jam.

Jika kita naik wahana antariksa New Horizons menuju Mars, maka jika Bumi dan Mars berada di titik terdekat kita akan menghabiskan waktu 942 jam (39 hari) di perjalanan. Dan jika Bumi dan Mars berada di titik terjauh maka membutuhkan waktu 6.944 jam (289 hari) di perjalanan.

Tapi Kemudian Sesuatu yang Rumit Muncul...

Tentu saja ada masalah dengan perhitungan ini. Perhitungan waktu tempuh jarak antara Bumi dan Mars ini diukur dengan mengasumsikan jarak antara dua planet sebagai garis lurus. Bumi dan Mars yang mengorbit Matahari selalu bergerak dan berpindah posisi. Sehingga wahana atau roket tersebut perlu mengikuti ke mana posisi planet tujuannya.

Kendala lainnya adalah bahan bakar. Dibutuhkan jumlah bahan bakar yang sangat banyak dan itu cukup menyulitkan. Karena itulah ilmuwan NASA menggunakan sebuah metode yang disebut dengan Hohmann Transfer Orbit atau Minimum Energy Transfer Orbit. Hal itu bertujuan untuk mengirim pesawat luar angkasa dari Bumi ke Mars dengan kebutuhan bahan bakar seminim mungkin.

Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh Walter Hohmann pada tahun 1925. Wahana yang diluncurkan akan mengrobit dengan lintasan yang lebih panjang dari pada lintasan Bumi mengelilingi Matahari untuk kemudian akan bertemu dengan orbit Mars di saat yang bersamaan. Hal itu tentunya bisa lebih cepat dan lebih hemat.

Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Mars adalah tergantung di mana posisi kedua planet (Bumi dan Mars) berada di orbitnya ketika misi diluncurkan, serta juga tergantung pada perkembangan teknologi sistem propulsi.