Selamat Hari Astronomi!

Desain & Hak Cipta: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Hari Astronomi bukan sembarang hari. Bukan karena diperingati dan dirayakan oleh para astronom professional dan amatir, tetapi karena cara menentukan Hari Astronomi berbeda dari hari lainnya. Tahukah kenapa hari ini menjadi Hari Astronomi? Simak ulasan berikut!

Kalau hari peringatan yang lain bisa beda harinya tetapi tanggal dan bulannya selalu tetap, misal Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah pasti dirayakan pada 17 Agustus. Tapi tidak demikian dengan Hari Astronomi.

Pada Hari Astronomi, justru harinya yang selalu tetap, sementara tanggal dan bulannya bisa berganti-ganti, tergantung tahunnya. Misal pada tahun 2005, Hari Astronomi jatuh pada Sabtu 16 April. Hari Astronomi 2006, pada Sabtu 6 Mei, dan Hari Astronomi 2016, jatuh pada Sabtu 14 Mei ini. Mengapa demikian?

Ada sebuah cara menentukan Hari Astronomi; yang pertama, wajib hari Sabtu, hal ini dikarenakan hari Sabtu merupakan hari di mana banyak orang sudah mulai berakhir pekan, jadi bisa ikut kegiatan astronomi. Yang kedua, tanggal yang dipilih yakni antara tanggal 15 April sampai 15 Mei, dan dari tanggal-tanggal itu, dipilihlah tanggal saat fase Bulan sekitar atau dekat dengan seperempat awal (First Quarter of The Moon, Bulan yang berusia sekitar tujuh hari).

Nah, 14 Mei 2016 ini, fase Bulan dekat dengan fase seperempat awal. Fase Bulan seperempat awal sebenarnya terjadi pada 13 Mei kemarin, namun karena 14 Mei dekat dengan fase tersebut, jadilah hari ini sebagai Hari Astronomi.

Merayakan Hari Astronomi

Klub amatir astronomi, planetarium, museum sains, dan taman-taman di dunia seharusnya merayakan Hari Astronomi. Di negara sub-tropis, Hari Astronomi terjadi dua kali, sekali di musim semi dan sekali pada musim gugur.

Hari Astronomi dicetuskan pada 1973, ketika Doug Berger, presiden Astronomical Association of Northern California, memutuskan untuk mengambil keuntungan dari sumber daya lokal untuk "membawa astronomi kepada orang-orang."

Hari ini, lebih dari 40 tahun kemudian, Hari Astronomi dirayakan di banyak negara di seluruh dunia. Banyak lembaga yang ikut berpartisipasi, seperti observatorium yang mengadakan open house, klub astronomi mengadakan pengamatan langit, dan planetarium menjadwalkan acara khusus yang ditujukan untuk khalayak umum (di siang hari maupun di malam hari!).

Jadi, untuk merayakan Hari Astronomi, Anda dapat mencari klub astronomi terdekat daerah Anda. Atau Anda dapat melihat klub astronomi pada laman khusus AstroClub kami: InfoAstronomy.org/astroclub

Selamat Hari Astronomi!
Selamat Hari Astronomi! Selamat Hari Astronomi! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 5/14/2016 07:28:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.