Oposisi Mars: Ketika Planet Merah Sangat Terang di Langit Malam Bumi

Kenampakan Planet Mars sepanjang tahun 2016, 22 Mei adalah saat oposisinya. Kredit: Mikhail Chubarets
Info Astronomy - Pada tanggal 22 Mei 2016, Bumi akan berada tepat di antara Mars dan Matahari, hal ini akan membuat Planet Merah lebih dekat dan lebih terang terhadap Bumi. Dan bahkan paling dekat dan paling terang selama lebih dari satu dekade terakhir. Dalam astronomi, peristiwa ini disebut oposisi Mars.

Pada oposisi tahun 2016 ini, jarak antara Bumi ke Mars memang tidak sedekat pada oposisi tahun 2018, yang merupakan oposisi paling dekat abad ini. Walau begitu, oposisi 2016 membuat Mars berada pada jarak 75.280.000 km dari Bumi. Akibatnya, selama beberapa pekan terakhir Mei ini, Mars akan tampak sangat terang!

Apa Itu Oposisi?

Semua planet superior--yaitu planet yang mengorbit Matahari di luar orbit Bumi--dikatakan berada di titik oposisi setiap kali Bumi lewat di antara planet bersangkutan dan Matahari. Hal ini bisa terjadi karena orbit Bumi lebih kecil dan lebih cepat dari planet-planet superior.

Planet-planet superior yang mudah terlihat dengan mata telanjang adalah Mars, Jupiter dan Saturnus. Uranus dan Neptunus juga planet superior, namun terlalu redup untuk bisa dilihat oleh mata karena jaraknya yang sangat jauh.

Sementara itu, Mars adalah planet superior terdekat dengan Bumi, pada jarak rata-rata dari Matahari hanya sekitar 1,5 Satuan Astronomi (SA). Satu SA sama dengan jarak Bumi-Matahari, atau dibulatkan menjadi 150 juta km. Sebagai perbandingan, planet superior Jupiter dan Saturnus berada pada jarak masing-masing sekitar 5,2 SA dan 9,6 SA.

Bumi lewat di antara Matahari dan Mars dalam waktu rata-rata 2 tahun 49 hari, walau begitu jangka waktu antara oposisi satu dengan oposisi berukutnya sebenarnya cukup bervariasi. Oposisi bisa terjadi kapan saja mulai dari 2 tahun dan 1 bulan sampai 2 tahun 2 bulan.

Pada saat oposisi Mars (maupun oposisi planet superior lainnya), planet superior yang beroposisi akan bersinar sangat terang di langit Bumi serta muncul sepanjang malam dari Matahari terbenam hingga Matahari terbit.

Cara Melihat Planet Merah pada Oposisi Mars 2016

Tahun ini, pengamat langit di seluruh dunia cukup beruntung. Selain Mars mencapai titik oposisi, Planet Merah juga akan membentuk formasi segitiga di langit bersama planet Saturnus dan bintang paling terang di rasi bintang Scorpius, Antares.

Mars bersinar dekat planet Saturnus dan Antares pun tidak hanya terjadi pada oposisi nanti, melainkan sudah bisa diamati sejak artikel ini ditulis hingga September 2016.

Pada saat oposisi Mars tanggal 22 Mei 2016, Mars akan bersinar sekitar 7 kali lebih cemerlang daripada Saturnus, dan 17 kali lebih cemerlang daripada bintang merah Antares. Hal tersebut memudahkan Anda untuk menemukan Mars.
Mars (tengah atas), Antares (kanan) dan Saturnus (bawah) di langit Cangar, Jawa Timur. Kredit: Martin Marthadinata
Kedudukan segitiga Mars-Antares-Saturnus hampir persis seperti pada foto kedua di atas yang dipotret di daerah Jawa Timur, Indonesia. Mars akan bersinar dengan warna kemerahan, lebih terang dari Antares dan Saturnus seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas.

Selain terang, Mars juga akan nampak lebih dekat jika Anda mengamatinya dengan teleskop. Setelah oposisi, Mars akan mulai menurun kecerahannya hingga menyamai terangnya Saturnus pada bulan November 2016, dan sama terangnya dengan Antares pada Januari 2017.

Selamat menyambut Oposisi Mars!