Saran pencarian

GALERI: Memukaunya Transit Merkurius 9 Mei 2016

Sebuah fenomena langka bernama Transit Merkurius berhasil memukau sebagian besar penduduk Bumi yang mengamatinya pada 9 Mei 2016. Peristiwa yang berlangsung selama 7 jam 30 menit ini disaksikan di sebagian besar Eropa, Afrika, Amerika dan sebagian Asia.
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari Jerman. Kredit: Thomas Klemmer
Info Astronomy - Sebuah fenomena langka bernama Transit Merkurius berhasil memukau sebagian besar penduduk Bumi yang mengamatinya pada 9 Mei 2016. Peristiwa yang berlangsung selama 7 jam 30 menit ini disaksikan di sebagian besar Eropa, Afrika, Amerika dan sebagian Asia.

Sayangnya, Indonesia hanya kebagian sedikit saja, yakni di Aceh, Sumatra Utara dan Riau, itu pun terjadi ketika Matahari hendak terbenam, sehingga keseluruhan peristiwa Transit Merkurius ini tidak teramati, hanya kontak pertamanya saja.

Untuk mengobati rasa kekecewaan, berikut foto-foto menakjubkan Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari berbagai penjuru dunia:
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari Observatorium Ilmu Falak, Universitas Muhammadiyah Sumut. Kredit: Oif Umsu
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari Wetwang, Inggris. Kredit: Bob Moss
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari Madrid, Spanyol. Kredit: Marcus Hererra
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dariAberdeen, Skotlandia. Kredit: Sheri Lynn Karl
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari Kepulauan Karibia. Kredit: Blanchard Jordan
Transit Merkurius 9 Mei 2016 dari London, Inggris. Kredit: Will Gater
Nah, itulah dia beberapa foto Transit Merkurius 9 Mei 2016. Untuk peristiwa Transit Merkurius selanjutnya bakal terjadi pada 11 November 2019, dan sayangnya Indonesia tetap tidak bisa mengamatinya. Transit Merkurius yang terlihat di Indonesia baru akan terjadi pada 13 November 2032 mendatang.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.