Saran pencarian

VIDEO: Gelapnya Langit Kala Puncak Totalitas Gerhana Matahari

Beruntunglah bagi Anda yang tinggal di daerah-daerah yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 atau Anda yang akan berkunjung ke sana. Sebab, merasakan sensasi Gerhana Matahari secara total sangat luar biasa. Dalam video ini, Anda akan dibuat takjub dan ikut dalam euforianya.
Screenshot video gelapnya suasana Gerhana Matahari Total. Kredit: YouTube
Info Astronomy - Beruntunglah bagi Anda yang tinggal di daerah-daerah yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 atau Anda yang akan berkunjung ke sana. Sebab, merasakan sensasi Gerhana Matahari secara total sangat luar biasa. Dalam video ini, Anda akan dibuat takjub dan ikut dalam euforianya.

Sekadar informasi, provinsi-provinsi yang dilalui jalur total adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana.

Untuk daerah-daerah yang dilintasi dari 12 provinsi di atas adalah, Palembang (dengan durasi gerhana 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

Sementara itu, daerah lain yang tidak mendapat Gerhana Matahari Total, tetap bisa menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian. Gerhana sebagian ini terlihat di Padang (95,43 persen), Bandung (88,76 persen), Denpasar (76,53 persen), Kupang (65,49 persen), Surabaya (83,08 persen), Banjarmasin (98 persen), Manado (96,66 persen), Jakarta (88,76 persen), Pontianak (92,96 persen), Makassar (88,54 persen), serta Ambon (86,90 persen), termasuk daerah sekitarnya yang berdekatan.

Video ini direkam di Jalu, Libya pada saat Gerhana Matahari Total 29 Maret 2006. Enjoy the show!

Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.