April-Oktober: Waktu Terbaik untuk Observasi Bentangan Galaksi Bima Sakti

Bentangan galaksi Bima Sakti di langit malam Gunung Bromo, Indonesia. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi tempat Bumi dan seluruh anggota Tata Surya berada. Tepatnya, Tata Surya kita berada di salah satu lengan galaksi ini, yang bernama lengan Orion. Karena itulah, kita bisa melihat bagian lain dari galaksi kita di langit malam, dan musim pengamatannya telah dimulai!

Anda perlu berada atau berkunjung ke daerah yang langitnya masih bebas polusi udara dan jauh dari lampu perkotaan untuk melihat bentangan galaksi Bima Sakti. Dengan mata telanjang, galaksi kita akan terlihat bagai pita debu samar di langit. Dan memotretnya adalah cara terbaik untuk melihatnya lebih jelas.

Karena teknologi kamera dan sensitivitas cahaya rendah (kualitas ISO tinggi) semakin maju, tidak heran jika semakin banyak fotografer yang berkeliaran di tengah malam untuk memotret langit malam. Bentangan galaksi Bima Sakti telah terbukti meningkatkan minat dalam astrofotografi (sejenis cabang fotografi yang fokus memotret langit).

Astrofotografi juga telah mengambil lompatan besar dalam beberapa tahun terakhir karena peningkatan kemampuan kamera untuk mengumpulkan cahaya di gelap malam. Anda dapat menangkap lebih banyak cahaya dan warna dengan kamera dari apa yang Anda dapat lihat dengan mata telanjang di malam hari, salah satunya adalah galaksi Bima Sakti.

Sebelum Anda berencana untuk ke daerah yang cocok untuk mengamati Bima Sakti, Anda perlu tahu beberapa informasi berikut ini. Anda tidak bisa serta merta melangkah keluar rumah dan mulai memotret langit lalu tiba-tiba ada galaksi yang membentang di hasil foto Anda. Ada saat-saat yang sangat spesifik ketika Bima Sakti paling terlihat jelas di langit malam.

Jadi, Kapan Waktu Terbaik untuk Memotret Bima Sakti?

Yang perlu diketahui adalah, seluruh manusia di Bumi dapat memotret bentangan Bima Sakti di manapun mereka berada. Entah di kutub, wilayah sub-tropis, maupun ekuator seperti Indonesia. Nah, di Indonesia sendiri, waktu terbaik untuk mengamati galaksi Bima Sakti adalah mulai April hingga Oktober setiap tahunnya.

Pada April hingga Oktober, pusat atau jantung galaksi Bima Sakti akan terlihat di langit mulai tengah malam hingga menjelang subuh. Apa itu jantung Bima Sakti? Perhatikan foto di atas artikel ini, bagian tengah pada foto merupakan jantung galaksi kita.

Pusat atau jantung galaksi Bima Sakti adalah bagian paling terang dari galaksi kita. Ini merupakan daerah di Bima Sakti yang penuh warna serta debu antarbintang yang dapat membuat Anda ketagihan untuk memotretnya tiap malam. Memotret ke arah pusat galaksi Bima Sakti akan membuat hasil potret langit malam Anda jauh lebih dramatis dan luar biasa indah.

Hindari Bulan

Anda pasti tahu, cahaya Bulan benar-benar terang! Bahkan, saat fase Bulan Purnama, Anda tidak akan bisa melihat bintang-bintang di sekitar Bulan saking terangnya cahaya yang ia pantulkan dari Matahari. Dalam pemotretan Bima Sakti, cahaya Bulan yang terang cukup mengganggu. Uh, maaf Bulan.

Pantulan cahaya Matahari pada permukaan Bulan membuat kurangnya visibilitas bintang di langit malam. Itu sebabnya Anda disarankan memotret bentangan galaksi Bima Sakti pada saat Bulan tidak terlihat, yakni pada fase-fase Bulan seperti Bulan Baru maupun Bulan Sabit.

Di era digital ini, sangat banyak aplikasi untuk gawai Anda yang berisi informasi fase-fase Bulan secara real-time, Anda jadi dapat mengetahui malam ini Bulan sedang berada di fase apa. Anda juga bisa mengunduh aplikasi peta langit untuk memudahkan pencarian di mana pusat Bima Sakti.

Jadi, sudah siap memotret?

Simak cara memotret galaksi Bima Sakti menggunakan kamera DSLR Anda di sini: InfoAstronomy.org/bimasakti-dslr