Mau Lihat Gerhana Matahari Lewat Teleskop? Yuk Buat Filter Mataharinya!

Teleskop yang sudah dilapisi filter Matahari. Kredit: Iceinspace.au
Info Astronomy - Melihat Matahari dengan mata telanjang tentu sungguh menyiksa mata karena silau, apa lagi jika menggunakan teleskop, silau Matahari tersebut malah semakin berbahaya dilihat mata. Dengan begitu, dibutuhkan filter Matahari. Berikut tutorial membuat penampang filter Matahari untuk teleskop Anda.

Yang Anda butuhkan: Filter Matahari Baader atau Seymour AstroSolar Neutral Density 5, beberapa kardus bekas, selotip, selotip dengan perekat ganda, karton, dan gunting.

Membuat Penampang Filter

Pola penampang filter. Kredit: Iceinspace.au
  1. Ukur diameter lensa obyektif teleskop Anda, hal ini untuk diameter penampangnya.
  2. Potong kardus bekas yang telah disiapkan menjadi bentuk cincin yang diameternya sama besar dengan penampang yang sudah dibuat pertama.
  3. Potong filter Matahari yang telah disiapkan sedikit lebih besar dari diameter luar dari 2 cincin kardus tadi.
  4. Perlahan letakan filter Matahari di antara dua cincin kardus. Hati-hati jangan sampai filter tergores atau lecek. Rekatkan dengan selotip berperekat ganda.
  5. Tempelkan penampang yang sudah dibuat dengan karton ke cincin kardus yang telah ditempelkan ke filter Matahari tadi.
Filter Matahari yang sudah jadi. Kredit: Iceinspace.au
Sebelum mencobanya lewat teleskop, Anda bisa mencoba mengamati Matahari dengan penampang berfilter yang sudah jadi dengan mata Anda. Jika Matahari tidak silau, Anda baru boleh mencobanya dengan teleskop. Pastikan filter Matahari sama sekali tidak tergores, goresan sedikit saja bisa menyebabkan bahaya.

Bagaimana Membuat Penampang Filter untuk Kamera?

Filter Matahari untuk kamera. Kredit: Instructables.com
Bagi Anda yang hobi astrofotografi, tentu tidak ingin melewatkan momen Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Sebelum itu, kamera Anda harus dilengkapi dengan filter Matahari. 

Penampang filter Matahari untuk kamera sama halnya dengan untuk teleskop. Filter Matahari juga harus pada jenis dan tipe yang sama. Diameter penampang bisa disesuaikan sendiri dengan diameter lensa obyektif kamera Anda.

DILARANG menggunakan filter Matahari selain yang disebutkan. Penggunaan filter lain selain yang disebutkan tutorial ini tidak cukup aman untuk meredam cahaya Matahari. Minimal, sebuah filter Matahari harus bisa meredam hingga 100.000 kali cahaya Matahari. Filter Matahari yang digunakan untuk teleskop maupun kamera haruslah berupa lembaran filter matahari yang memiliki Neutral Density/ND 5.

Bagi Anda yang merasa terlalu repot membuat penampang filter sendiri, Anda bisa membeli penampang filter Matahari pabrikan yang tinggal pakai. Untuk teleskop dan kamera, Anda bisa mendapatkannya di toko perangkat keras, toko aksesoris teleskop maupun toko kamera.
Mau Lihat Gerhana Matahari Lewat Teleskop? Yuk Buat Filter Mataharinya! Mau Lihat Gerhana Matahari Lewat Teleskop? Yuk Buat Filter Mataharinya! Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/22/2016 10:05:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.