Kisah Bayi Bintang yang Menyinari Nebula

Bintang HD 97300 yang menyinari sebuah nebula dengan cahaya putih kebiruan. Kredit: ESO
Info Astronomy - Sebuah bayi bintang--bintang yang baru saja tercipta--bernama HD 97300, terlihat menyinari sebuah nebula bernama IC 2631 dengan cahaya putih kebiruan yang terang. Interaksi bayi bintang dan nebula ini menciptakan tampilan visual yang menakjubkan, mereka berdua terletak pada jarak sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi.

Citra bayi bintang menyinari nebula yang indah ini dipotret menggunakan teleskop berdiameter 2,2 meter di European Southern Observatory, La Silla, Cile.

HD 97300 merupakan bintang tipe khusus yang disebut T Tauri. Sebuah benda-benda yang memiliki massa yang kecil tetapi memiliki jari-jari atau diameter yang besar, setidaknya dibandingkan dengan bintang di deret utama seperti Matahari kita.

Bintang deret utama dengan tipe T Tauri memiliki suhu yang sama, tetapi bintang T Tauri secara signifikan muncul lebih terang karena ukurannya lebih besar. Bintang T Tauri juga belum mulai berfusi hidrogen menjadi helium di inti mereka, sehingga cahaya yang mereka pancarkan dihasilkan dari kontraksi awan gas yang membentuk mereka.

HD 97300 adalah bintang paling terang di lingkungan nebula IC 2631. Berkat cahayanya yang terang itu, dan posisinya yang berada di belakang nebula (dalam perspektifnya dari Bumi), nebula IC 2631 telah berubah menjadi nebula reflektif yang indah. Awan gas dalam cahaya nebula tersebut berasal dari bintang-bintang di sekitarnya.

Meskipun HD 97300 mendominasi awan gas dan debu di nebula IC 2631, dominasi ini tidak akan berlangsung selamanya. Bintang T Tauri adalah bintang yang terang tapi kala hidupnya tidak lama, bintang T Tauri dapat kehilangan massa dan menyusut lebih cepat dari bintang deret utama.

Pada akhirnya, kematian HD 97300 tidak akan 'ditangisi' secara berlarut-larut oleh nebula IC 2631. Nebula ini dikelilingi oleh awan gas yang lebih gelap karena mereka sangat padat, sebuah lingkungan yang sempurna untuk pembentukan bintang baru. Setelah bintang-bintang yang baru terbentuk, cahaya mereka bakal perlahan tapi pasti akan menghilangkan awan dan debu pada nebula.
Kisah Bayi Bintang yang Menyinari Nebula Kisah Bayi Bintang yang Menyinari Nebula Reviewed by Riza Miftah Muharram on 2/12/2016 04:30:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.