Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inilah 5 Lokasi Terbaik untuk Mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Euforia Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 sudah terasa. Gerhana Matahari Total tahun ini sangat spesial bagi Indonesia karena hanya Indonesia lah satu-satunya negara yang dilalui jalur gerhana total. Tapi tahukah Anda kalau ada 5 lokasi terbaik untuk mengamatinya?
Gerhana Matahari Total. Kredit: Getty Images, Info Astronomy
Info Astronomy - Euforia Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 sudah terasa. Gerhana Matahari Total tahun ini sangat spesial bagi Indonesia karena hanya Indonesia lah satu-satunya negara yang dilalui jalur gerhana total. Tapi tahukah Anda kalau ada 5 lokasi terbaik untuk mengamatinya?

Provinsi-provinsi yang dilalui jalur gerhana total pada 9 Maret 2016 adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana.

Dan berikut ini merupakan 5 lokasi atau daerah terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016.

1. Luwuk, Sulawesi Tengah

Luwuk akan menjadi lokasi terbaik pertama untuk mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Mengapa demikian? Sebab di daerah ini, durasi gerhana total akan menjadi yang paling lama atau panjang dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia

Bagi Anda yang tinggal di Luwuk atau akan berkunjung ke Luwuk, Anda bisa mulai menyaksikan Gerhana Matahari Total pada 9 Maret 2016 mulai pukul 07:30 WITA, kemudian gerhana total akan terjadi pukul 08:43 WITA dengan durasi 2 menit 50 detik, lalu gerhana akan berakhir pukul 10:07 WITA.

2. Poso, Sulawesi Tengah

Poso akan menjadi lokasi terbaik kedua untuk mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Daerah ini menjadi lokasi terbaik kedua karena memiliki durasi totalitas gerhana cukup panjang, namun tidak lebih panjang dari durasi di Poso.

Bagi Anda yang tinggal di daerah Poso, Anda bisa mulai menyaksikan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 mulai pukul 07:28 WITA, puncak gerhana akan terjadi pukul 08:39 WITA dan berlangsung selama 2 menit 40 detik, lalu gerhana akan berakhir pukul 10:02 WITA.

3. Ternate, Maluku Utara

Wilayah Ternate di provinsi Maluku Utara menjadi lokasi terbaik ketiga untuk mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 karena juga memiliki durasi totalitas gerhana total yang cukup panjang, namun tidak lebih panjang dari Luwuk dan Poso.

Di Ternate, Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 akan terjadi mulai pukul 08:36 WIT, puncak gerhana akan terjadi pada pukul 09:52 WIT dan berlangsung selama 2 menit 38 detik, lalu gerhana akan berakhir pada pukul 11:20 WIT.

4. Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Palangkaraya akan menjadi lokasi terbaik keempat se-Indonesia dan terbaik pertama se-Kalimantan untuk mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, sebab di daerah ini durasi gerhana cukup panjang, namun tentu tidak lebih panjang dari durasi di Luwuk, Poso maupun Ternate.

Masyarakat di Palangkaraya akan mulai bisa mengamati gerhana total mulai pukul 06:23 WIB, puncak gerhana total akan terjadi pukul 07:30 WIB dengan durasi 2 menit 29 detik, dan kemudian gerhana akan berakhir pada pukul 08:46 WIB.

5. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Dan inilah lokasi atau daerah terbaik kelima untuk melihat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016; Belitung! Di pulau Laskar Pelangi ini, durasi gerhana cukup panjang, lebih panjang dari daerah lain di Indonesia namun tak lebih panjang dari Luwuk, Poso, Ternate dan Palangkaraya.

Di Belitung, gerhana total akan dimulai ketika Matahari terbit, yakni pukul 06:20 WIB, puncak gerhana total akan terjadi pukul 07:23 WIB dengan durasi 2 menit 10 detik, lalu gerhana akan berakhir pada pukul 08:35 WIB.

Nah, itulah kelima lokasi atau daerah terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016. Di mana Anda akan mengamati dan menjadi saksi peristiwa langka ini? Oh iya, untuk daerah lainnya, silakan unduh gratis ebook Gerhana Matahari kami di sini.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.