UY Scuti Bintang Terbesar Sejagad Raya

Ilustrasi perbandingan Matahari kita dengan bintang UY Scuti
Info Astronomy - Apa bintang terbesar di alam semesta? Sebagian dari Anda mungkin masih berpikir bahwa VY Canis Majoris lah yang terbesar. Tapi sayangnya, masih ada yang lebih besar, lebih tepatnya amat sangat luar biasa lebih besar.

Ada yang menarik kali ini. Pada akhir 2013 lalu, kita akhirnya tahu bahwa bintang Westerlund 1 BKS AS (bisa juga disebut Westerlund 1-26) menjadi bintang terbesar sejagad raya mengalahkan 'pemimpin klasemen' sebelumnya yang bernama NML Cygni.

Namun sebelum itu juga, NML Cygni mengalahkan bintang VY Canis Majoris. Kali ini, ada yang berhasil mengkudeto Westerlund 1 BKS AS, bernama UY Scuti. Bintang UY Scuti adalah bintang maha-maha-maha raksasa merah yang berjarak 2.900 tahun cahaya di konstelasi Scutum. Ini adalah bintang terbesar yang dikenal dengan radius sekitar 1.708 jari-jari Matahari atau sekitar 7,94 SA.

Bintang ini adalah bintang variabel semiregular dengan jangka waktu sekitar 740 hari. UY Scuti memiliki diameter sekitar 1,708 kali radius Matahari (1.188 × 10^9 kilometer; 7,94 AU), atau sekitar 2,91 juta kali lebih besar dari Matahari dan memiliki volume sekitar 5 miliar kali dari Matahari.

Cahayanya memerlukan waktu sekitar 9,15 jam untuk menyeberangi lingkarnya. Sungguh luar biasa besarnya bintang ini! UY Scuti memiliki kecerahan 340.000 dari Matahari dan suhu sekitar 3.365 Kelvin. Jika bintang ini ditempatkan di pusat tata surya, maka diameter UY Scuti akan menelan semua planet-planet sampai Jupiter bahkan bisa mencapai Saturnus.

Bintang ini hampir seluruhnya tertutup oleh debu dan gas, UY Scuti kehilangan massa sangat tinggi karena kepadatan rendah dan luminositas yang tinggi, mirip dengan bintang maha raksasa merah VY Canis Majoris.

Karena masalah ini, ukuran sebenarnya masih diperdebatkan dan mungkin memiliki diameter yang sedikit lebih kecil dari perkiraan saat ini. Lokasi bintang tersebut dalam Zona Avoidance --zona langit pada bidang Bima Sakti di mana debu antarbintang menghalangi cahaya tampak sehingga tidak ada galaksi atau bintnag-bintang jauh yang dapat diamati-- sehingga untuk memelajarinya cukup sukar.

Bintang ini terletak dalam lengan Scutum-Centaurus yang menunjukkan bahwa bintang ini mungkin menjadi anggota dari asosiasi Sagitarius OB5, kelompok bintang masif yang berjarak sekitar 7.800 tahun cahaya dari Bumi ke arah pusat galaksi. Diperkirakan, bintang ini akan meledak menjadi Supernova dan membentuk Lubang Hitam di akhir masa hidupnya.