Yuji Hyakutake dengan Komet Penemuannya

Yuji Hyakutake. Kredit: Sky and Telescope
Info Astronomy - Komet Hyakutake, adalah komet yang mempunyai periode orbit yang mencapai 15.000 tahun. Artinya, komet ini 15.000 tahun sekali muncul di langit Bumi.

Saat pertama kali ditemukan pada 1996, benda ini terbukti memperlihatkan emisi sinar-X yang juga merupakan komet pertama yang dapat melakukan itu.

Hal lain yang menjadi cirinya adalah panjang ekor yang mencapai angka 500 juta kilometer. Data dan fakta di atas berhasil menghuni koleksi arsip para astronom dunia dan menjadi pengetahuan astronomi baru pada zamannya.

Yuji Hyakutake, dialah tokoh di balik penemuan komet ini. Ketertarikannya terhadap dunia astronomi berawal ketika Jepang menemukan komet Ikeya-Seki yang muncul pada tahun 1965.

Kala itu, Yuji masih berusia 15 tahun. Astronom yang tergolong amatir ini mulai mencari komet aktif pada tahun 1989 hingga julukan Comet Hunter pun melekat pada dirinya.

Usaha yang dia lakukan sejak itu terbayar dengan penemuan komet yang diberi nama seperti namanya. Komet Hyakutake.

Momen itu terjadi pada 31 Januari 1996 saat sebuah komet yang cukup terang melintasi langit Jepang. Menurut Shoko, istrinya, Yuji adalah astronom otodidak yang selalu mempunyai “passion” tinggi dalam setiap penelitiannya.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa penemuan ini memang menjadi salah satu harta paling berharga dalam dunia astronomi dan tidak akan terlupakan seseorang ketika selama hidupnya membuat hal yang bermanfaat dan berjasa bagi orang lain.

Meski Yuji telah wafat saat usianyan 51 tahun, namanya akan tetap hidup dalam dunia astronomi sebagai salah satu Comet Hunter.

Ditulis oleh Hikmatyar Ibrahim (kontributor)