Perbandingan Besar Galaksi Bima Sakti dengan Andromeda

Perbandingan Besar Galaksi Bima Sakti dengan Andromeda
Perbandingan galaksi Bima Sakti dengan galaksi Andromeda. Kredit: Jesna
Info Astronomy - Galaksi Andromeda adalah galaksi spiral terdekat dengan galaksi kita, Bima Sakti. Ia adalah obyek paling jauh yang dapat Anda lihat dengan mudah dengan mata telanjang di langit yang sangat gelap.

Andromeda memiliki diameter 220.000 tahun cahaya (Bima Sakti hanya 100.000 tahun cahaya). Andromeda terletak di rasi bintang Andromeda.

Galaksi Andromeda dapat dianggap sebagai kakak dari Bima Sakti, karena mengandung lebih dari satu triliun bintang (dibandingkan dengan Bima Sakti yang hanya 200-400 miliar).

Andromeda dan Bima Sakti terbentuk pada sekitar waktu yang sama, yakni 13,5 milyar tahun yang lalu. Galaksi kita dianggap mirip Andromeda. Salah satu kemiripannya, mereka berdua memakan galaksi lain untuk menjadi raksasa sekarang ini.

Mengembangnya alam semesta menyebabkan kebanyakan galaksi menjauh dari kita, tetapi Andromeda dan Bima Sakti malah menuju ke satu sama lain.

Andromeda dan Bima Sakti saling mendekati dengan kecepatan 200 kilometer per detik, dan nantinya akan bertabrakan. Tidak perlu panik, tabrakan ini akan berlangsung 5 miliar tahun mendatang.

Setelah tabrakan, Andromeda dan Bima Sakti akan menjadi sebuah galaksi elips raksasa yang bernama Milkomeda.
Perbandingan Besar Galaksi Bima Sakti dengan Andromeda Perbandingan Besar Galaksi Bima Sakti dengan Andromeda Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/31/2014 04:10:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.