Kondisi Bumi di Masa Depan, Seburuk Ini?

Kondisi Bumi di Masa Depan, Seburuk Ini?
Ilustrasi
Info Astronomy - Ketika warga Bumi terus-menerus mengkonsumsi energi bahan bakar fosil, konsentrasi gas rumah kaca akan terus meningkat dan suhu rata-rata Bumi akan naik.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) memperkirakan bahwa rata-rata suhu permukaan Bumi bisa meningkat sampai antara 2°C dan 6°C pada akhir abad ke-21.

Untuk sebagian besar wilayah Bumi, pemanasan global akan membuat suhu panas cenderung lebih intens daripada suhu dingin, dengan pemanasan terbesar terjadi di permukaan.

Wilayah lintang tinggi dan tempat-tempat basah umumnya akan cenderung untuk menerima lebih banyak curah hujan, sedangkan daerah tropis dan tempat-tempat yang umumnya kering mungkin akan menerima lebih sedikit hujan bahkan kekeringan.

Peningkatan curah hujan akan datang dalam bentuk yang lebih besar, seperti badai, bukan dalam bentuk seharian hujan.

Badai tersebut akan lebih lama terjadi dari sebelumnya, sehingga frekuensi dan tingkat keparahan kekeringan juga akan meningkat.

Badai kemungkinan akan meningkatkan suhu permukaan laut menjadi lebih hangat. Jadi, salah satu dampak yang paling jelas dari pemanasan global adalah perubahan suhu dan curah hujan yang ekstrim.

Para ilmuwan juga memantau lapisan es besar di Greenland dan Antartika Barat, yang keduanya mencair karena suhu permukaan meningkat lebih cepat di wilayah tersebut daripada di tempat lain.

Masing-masing lapisan es mengandung air yang cukup untuk menaikkan permukaan laut hingga 5 meter dan jika Bumi kita terus menghangat maka para ilmuwan memperkirakan Bumi akan tanpa es pada tahun 2100.

Spesies yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat akan menghadapi kepunahan, kepunahan massal. Pada akhirnya, pemanasan global akan berdampak pada kehidupan di Bumi dengan berbagai cara. Tapi sejauh mana perubahan itu, ada di tangan kita.
Kondisi Bumi di Masa Depan, Seburuk Ini? Kondisi Bumi di Masa Depan, Seburuk Ini? Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/13/2014 10:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.