FOTO: Proxima Centauri, Bintang Terdekat Matahari

Proxima Centauri. Kredit: NASA, Hubble
Info Astronomy - Bintang Proxima Centauri (kadang disebut Alpha Centauri) berjarak sekitar 4 tahun cahaya dari tata surya kita, membuat bintang ini menjadi bintang terdekat dengan Matahari kita.

Pada foto baru dari Teleskop Luar Angkasa Hubble di atas, bintang Proxima Centauri terlihat bersinar cemerlang. Namun pada kenyataannya, kita semua tidak bisa melihat bintang ini di langit dengan mata telanjang karena terlalu redup.

Hal tersebut karena bintang Proxima Centauri memiliki tingkat luminositas yang rendah, dan massa hanya sekitar seperdelapan dari Matahari.

Selain Teleskop Luar Angkasa Hubble, para ilmuwan NASA juga menggunakan Wide Field Planetary Camera 2 (WFPC2) untuk menangkap pandangan baru dari Proxima Centauri ini.

Pada gambar memang tidak menunjukkan satu bintang lain. Ya, bintang Proxima Centauri adalah bintang ganda. Ada Proxima Centauri A dan Proxima Centauri B, namun yang nampak pada foto hanya Proxima Centauri A saja.