FOTO: Proxima Centauri, Bintang Terdekat Matahari

FOTO: Proxima Centauri, Bintang Terdekat Matahari
Proxima Centauri. Kredit: NASA, Hubble
Info Astronomy - Bintang Proxima Centauri (kadang disebut Alpha Centauri) berjarak sekitar 4 tahun cahaya dari tata surya kita, membuat bintang ini menjadi bintang terdekat dengan Matahari kita.

Pada foto baru dari Teleskop Luar Angkasa Hubble di atas, bintang Proxima Centauri terlihat bersinar cemerlang. Namun pada kenyataannya, kita semua tidak bisa melihat bintang ini di langit dengan mata telanjang karena terlalu redup.

Hal tersebut karena bintang Proxima Centauri memiliki tingkat luminositas yang rendah, dan massa hanya sekitar seperdelapan dari Matahari.

Selain Teleskop Luar Angkasa Hubble, para ilmuwan NASA juga menggunakan Wide Field Planetary Camera 2 (WFPC2) untuk menangkap pandangan baru dari Proxima Centauri ini.

Pada gambar memang tidak menunjukkan satu bintang lain. Ya, bintang Proxima Centauri adalah bintang ganda. Ada Proxima Centauri A dan Proxima Centauri B, namun yang nampak pada foto hanya Proxima Centauri A saja.
FOTO: Proxima Centauri, Bintang Terdekat Matahari FOTO: Proxima Centauri, Bintang Terdekat Matahari Reviewed by Riza Miftah Muharram on 1/15/2014 03:23:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.