Wahana Antariksa Chang'e-3 Milik Cina Mendarat di Bulan

Wahana Antariksa Chang'e-3 Milik Cina Mendarat di Bulan
Foto pertama permukaan Bulan oleh Chang'e-3. Kredit: CCTV News
Info Astronomy - Wahana antariksa bernama Chang'e-3 yang membawa robot penjelajah Bulan bernama Yutu (Kelinci Jade) milik Cina telah berhasil mendarat di permukaan Bulan pada 20:11 WIB (14/12).

Keduanya ini diluncurkan menggunakan Long March 3B pada tanggal 1 Desember 2013, yang diikuti oleh penerbangan mengorbit Bulan dan kemudian dengan mulus Cina berhasil mendarat di Bulan.

Televisi milik pemerintahan Cina, China Central Television, menunjukkan gambar yang dipotret Chang'e-3 saat mendekati permukaan Bulan.

Panel surya Chang'e-3, yang digunakan untuk menyerap sinar Matahari untuk menghasilkan listrik, segera dibuka setelah mendarat di Sabtu malam. Chang'e-3 akan mendirikan antena yang akan digunakan untuk mengirimkan gambar ke Bumi.

Chang'e-3 membawa robot penjelajah Bulan yang disebut "Kelinci Jade". Robot ini disetel untuk memisahkan diri dari Chang'e-3 delapan jam setelah mendarat dan memulai eksplorasi ilmiah selama tiga bulan.

Cina adalah negara ketiga yang berhasil mendarat dengan mulus di Bulan setelah Amerika Serikat dan eks-Uni Soviet. Terakhir kali adalah Uni Soviet pada tahun 1976.

Program luar angkasa ambisius Cina ini merupakan kebanggaan terbesar bagi negara, yang kedepannya berencana untuk mendaratkan manusia di Bulan.
Wahana Antariksa Chang'e-3 Milik Cina Mendarat di Bulan Wahana Antariksa Chang'e-3 Milik Cina Mendarat di Bulan Reviewed by Riza Miftah Muharram on 12/15/2013 08:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.