Astronot Sulit Berdiri Setelah dari Luar Angkasa, Ini Sebabnya

Astronot Luca Parmitano tidak bisa berdiri setelah pulang dari ISS. Kredit: NASA
Info Astronomy - Astronot terlihat menahan kepala mereka secara kaku setelah kembali ke Bumi dari luar angkasa selama beberapa bulan.

Astronot yang baru kembali ke Bumi harus beradaptasi kembali dengan gravitasi Bumi, mereka harus menyeimbangkan diri mereka kembali di Bumi. Kenapa?

Sebuah penelitian masih terus dilakukan oleh University of Houston dan NASA. Studi awal, menunjukkan bahwa astronot yang kembali ke Bumi berubah "pemikiran", kata mahasiswa Stefan Madansingh Ph.D.

Saat astronot di luar angkasa, mereka akan merasakan gravitasi yang kecil, sehingga mereka dapat melayang-layang. Saat kembali ke Bumi, mereka belum mengubah pemikiran mereka.

Secara berkala, NASA membuat terapi khusus untuk merubah pemikiran astronot yang baru pulang ke Bumi. Astronot dilatih keseimbangan dan fungsi otot setelah misi enam bulan di stasiun luar angkasa.

NASA melakukan terapi dengan cara membuat astronot berjalan dengan rintangan sederhana, NASA mendorong astronot itu untuk kembali memikirkan cara berjalan.

Terapi biasanya dilakukan paling cepat 30 hari setelah astronot mendarat di Bumi. Dalam era pesawat ulang-alik, astronot akan melakukan terapi langsung setelah mendarat.

Dibutuhkan banyak waktu bagi astronot untuk setidaknya bisa berjalan kembali di Bumi setelah kembali dari luar angkasa. Namun NASA menjamin astronot yang kembali ke Bumi bisa menyesuaikan gravitasi Bumi lagi.