Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Inilah Ukuran, Usia, Isi dan Struktur Alam Semesta Kita

Inilah Ukuran, Usia, Isi dan Struktur Alam Semesta Kita
Inilah Ukuran, Usia, Isi dan Struktur Alam Semesta Kita
Alam semesta. Kredit: Science Blog
Info Astronomy - Alam Semesta adalah ruangan yang sangat besar dan mungkin tak terbatas dalam volume; hal yang dapat diamati adalah tersebarnya ruang pada ukuran setidaknya 93 miliar tahun cahaya.

Sebagai perbandingan, diameter sebuah galaksi khas hanya 30.000 tahun cahaya, dan jarak khas antara dua galaksi tetangga hanya 3 juta tahun cahaya.

Sebagai contoh, panjang diameter Galaksi Bima Sakti kira-kira 100.000 tahun cahaya, dan galaksi saudara terdekat kita, Andromeda, terletak sekitar 2,5 juta tahun cahaya.

Mungkin ada lebih dari 100 miliar galaksi di alam semesta teramati. Galaksi kerdil umumnya memiliki sesedikitnya sepuluh juta raksasa bintang sampai dengan satu triliun bintang-bintang, semua mengorbit pusat galaksi.

Dengan demikian, perkiraan secara kasar dari angka-angka ini akan ditemukan sekitar satu sextillion (1.000.000.000.000.000.000.000) bintang di seluruh alam semesta telah teramati, meskipun studi tahun 2003 oleh astronom Universitas Nasional Australia menghasilkan angka 70 sextillion (7 x 10^22) bintang.

Kepadatan keseluruhan alam semesta sangat rendah, sekitar 9,9 × 10-30 gram per sentimeter kubik. Massa-energi ini terdiri dari 73% energi gelap, 23% materi gelap dingin dan 4% materi biasa. Dengan demikian kepadatan atom adalah atas perintah dari atom hidrogen tunggal untuk setiap empat meter kubik volume.

Sifat energi gelap dan materi gelap yang belum diketahui. Menurut ilmuwan, energi gelap bekerja untuk memperlambat ekspansi dari alam semesta; sebaliknya, energi gelap mempercepat ekspansi.

Semesta sudah tua dan terus berkembang. Perkiraan paling tepat dari usia alam semesta adalah 13,73 ± 0.12 miliar tahun, berdasarkan pengamatan radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.