7 Fakta Menarik dari Planet Jupiter

Perbandingan besar Bumi dengan Jupiter. Kredit: NASA
Info Astronomy - Alam semesta adalah tempat yang misterius dalam sistem tata surya kita bersama galaksi dan bintang-bintang.


Alam semesta memiliki delapan planet yang mengorbit pada matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Setiap planet ini sangat berbeda satu sama lain dan unik dengan caranya sendiri.

Seperti Jupiter, yang merupakan sebuah planet luar biasa besar dengan banyak fakta-fakta mencengangkan. Inilah 7 fakta menakjubkan tentangnya.

1. Lokasi dan ukuran

Jupiter adalah planet kelima terdekat menuju Matahari yang terletak antara Mars dan Saturnus. Jupiter juga merupakan planet terbesar, jika dibandingkan sama dengan 122 bumi. Jika berbicara volume lebih dari 1300 Bumi bisa muat dalam Jupiter.

Gravitasi yang di Jupiter adalah dua setengah kali lebih kuat dari di Bumi. Seandainya seseorang dengan bobot 100 kg berdiri di Jupiter, maka beratnya akan menjadi 150 kg.

Masa Jupiter adalah 317 kali lebih besar dari Bumi atau dua setengah kali dari semua planet yang tersisa dalam sistem tata surya kita.

2. Asal nama Jupiter

Nama Jupiter berasal dari mitologi Romawi yang merupakan dewa utama. Dalam mitologi tersebut Jupiter disebutkan sebagai anak Saturnus, saudara dari Pluto dan Neptunus.

Jupiter menikah dengan Juno. Namun Jupiter berselingkuh dengan banyak wanita lainnya dan memiliki anak dari empat satelit alami terbesar (Io, Europa, Ganymede dan Callisto). Semuanya diberi nama pencinta Jupiter.

3. Bisa dilihat dengan mata telanjang

Untuk melihat Jupiter kita bisa menyaksikannya dengan mata telanjang. Ketika melihat langit malam, Jupiter merupakan objek paling terang besama Venus dan Bulan yang merupakan benda terang dalam tata surya kita.

Bahkan Jupiter lebih terang dari bintang paling terang yang disebut Sirius. Dengan sepasang teropong atau teleskop kecil, Jupiter terlihat muncul dengan lingkaran putih dengan empat satelit alaminya yang besar dan terang (Ganymede, Io, Europa dan Callisto).

4. Memiliki medan magnet yang kuat

Jupiter memiliki medan magnet terkuat dalam sistem tata surya. Sangat menakjubkan, empat belas kali lebih kuat dari Bumi.

Beberapa astronom percaya bahwa medan magnet Jupiter diciptakan gerakan hydrogen metalik yang ditemukan jauh di dalam planet. Medan magnet menangkap partikel terionisasi dari angin dan kecepatan matahari.

Akibatnya partikel menciptakan radiasi sekitar Jupiter yang dapat menyebabkan kerusakan yang besar pada pesawat ruang angkasa yang ingin mendapatkan gambar dari dekat pada planet besar itu.

5. Pemilik satelit alami terbanyak

Sejauh ini, Jupiter memiliki 63 bulan, 4 bulan besar yang disebut Galilea ditemukan pada tahun 1610 oleh Galileo Galilei. Bulan tersebut adalah Io, Europa, Ganymede dan Callisto. Ganymede adalah bulan terbesar berukuran 3.270 mil.

Yang menarik adalah Io yang berisi gunung berapi, danau lava dan kaldera besar. Gunung di Io bisa mencapai ketinggian 52.000 kaki atau 16 kilometer. Io juga disebut "Satelit Pizza" karena permukaannya mirip pizza dengan aneka toping.

6. Planet bercincin

Tahukah Anda jika Jupiter juga memiliki cincin? Terdapat cincin yang mengitari Jupiter. Cincin utama debu yang tertinggal dari Meteoroid saat bertabrakan dengan empat bulan (Thebe, Metis, Adrastea dan Almathea).

Para Ilmuwan baru-baru ini menemukan cincin samara menyerupai bentuk donat dengan nama halo cincin.

7. Titik merah raksasa

Pada tahun 1665, astronom Giovanni Cassini pertama kali mengidentifikasi adanya titik merah raksasa di Jupiter.

Terlihat seperti badai raksasa dengan ukuran 40.000 km. Namun saat ini ukurannya hanya setengah dari ukuran semula. Planet ini terdiri dari hidrogen padat, air, nitrogen, helium. Kencangnya angin dan ion menyebabkan badai dengan petir (mirip titik merah besar).
7 Fakta Menarik dari Planet Jupiter 7 Fakta Menarik dari Planet Jupiter Reviewed by Riza Miftah Muharram on 7/03/2013 08:00:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.