Galaksi Andromeda. Kredit: Stargevent
Info Astronomy - Tahukah Anda apa galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti? Anda pasti akan menjawab galaksi Andromeda. Ternyata salah, bukan Andromeda.

Galaksi terdekat dengan Bima Sakti adalah Awan Magellan Besar, ia merupakan satelit galaksi kita. Berjarak 157.000 tahun cahaya dari Bumi.

Andromeda merupakan galaksi spiral terdekat Bima Sakti. Tapi kita tidak akan membahas itu, di sini akan dijabarkan galaksi apa saja yang dekat dengan Bima Sakti yang dapat diamati dengan mata telanjang.

Dengan catatan mengamatinya di wilayah pedesaan yang langitnya bebas polusi cahaya atau udara.

1. Galaksi Andromeda
Klik untuk memperbesar
Galaksi Andromeda menjadi urutan pertama di daftar galaksi yang bisa diamati dengan mata telanjang.

Pasalnya, Andromeda hanya berjarak 2,5 juta tahun cahaya (dan terus mendekat) dengan Bima Sakti.

Kenampakannya ada di bola langit utara.

Jika Anda ingin melihatnya, pastikan langit sekitar rumah Anda bebas dari polusi cahaya dan udara. Bawalah juga baju hangat untuk menemani pengamatan. Dengan magnitudo 3.44 artinya masih mungkin diamati.

2. Galaksi Triangulum
Klik untuk memperbesar
Triangulum merupakan tetangga dari galaksi Andromeda. Meski disebut tentangga, mereka sebenarnya berjauhan.

Galaksi Triangulum berada di urutan kedua dalam daftar galaksi yang bisa diamati dengan mata telanjang.

Ia berjarak 3 juta tahun cahaya dari Bumi, kenampakannya hampir sama dengan Andromeda namun ia lebih kecil dan redup.

Lokasi terbaik untuk mengamati galaksi ini adalah sama dengan Andromeda juga, yakni wilayah bebas polusi cahaya dan udara. Dengan magnitudo 5.72 masih cukup terang untuk diamati.

3. Galaksi Sculptor
Klik untuk memperbesar
Inilah galaksi ketiga yang masih bisa diamati dengan mata telanjang. Namanya adalah galaksi Sculptor.

Terletak 12 juta tahun cahaya dari Bima Sakti jika hanya diamati dengan mata telanjang maka hanya akan terlihat bagai bintik putih kecil di langit.

Seperti yang kita tahu, 1 tahun cahaya sama dengan 9,4 triliun kilometer. Sedangkan galaksi ini berjarak 12 juta tahun cahaya.

Itu artinya galaksi Sculptor berjarak sekitar 112.800.000.000.000 kilometer. Dengan jauhnya jarak, jika ingin mengamatinya tempat terbaik adalah di pegunungan. Magnitudonya adalah 8.0

4. Galaksi Bunga Matahari
Klik untuk memperbesar
Terakhir, adalah galaksi Bunga Matahari (English: Sunflower Galaxy). Jaraknya sekitar 37 juta tahun cahaya dari Bumi.

Walaupun masuk ke dalam daftar galaksi yang bisa diamati dengan mata telanjang, mungkin ini akan menjadi sangat sulit karena magnitudonya 9.3.

Mari kita bandingkan kecerlangannya (magnitudo) dengan kecerlangan Planet Neptunus.

Neptunus adalah planet terakhir di tata surya kita, ia juga merupakan planet teredup dengan magnitudo 7.9. Jika Neptunus saja teredup, bagaimana dengan galaksi Bunga Matahari.

Karena semakin besar magnitudo maka semakin redup cahaya sebuah objek antariksa yang sampai ke mata kita.

1. Apakah ada gugusan galaksi yang bisa dilihat mata telanjang?