Seberapa Jauh Planet Saturnus dari Anda?

Wajah Bumi dari Saturnus. Kredit: NASA
Info Astronomy - Inilah planet terjauh yang masih bisa dilihat dengan mata telanjang dari Bumi, Saturnus, planet keenam di tata surya.

Seberapa jauh Saturnus dari Bumi?

Jarak antara Saturnus dengan Bumi tidak memiliki jarak yang tetap, akan terus berubah karena kedua planet ini mengorbit Matahari di tata surya.

Saat jarak terdekat Saturnus dengan Bumi, jaraknya adalah 1,2 miliar kilometer, atau delapan kali jarak Bumi ke Matahari. Dan saat jarak terjauh antara Bumi dan Saturnus, jauhnya mencapai 1,7 miliar kilometer atau sama sebelas kali Bumi ke Matahari.

Seberapa jauh Saturnus ke Matahari?

Seperti planet lain di tata surya kita, Saturnus memiliki orbit yang elips untuk mengelilingi Matahari. Membuat ia memiliki jarak yang bervariasi ke Matahari setiap tahunnya.

Namun, jarak rata-rata Saturnus ke Matahari adalah 1,4 miliar kilometer, atau 9,5 kali jarak Bumi ke Matahari.

Seberapa lama perjalanan kita menuju Saturnus?

Pioneer 11, adalah sebuah wahana antariksa NASA yang pertama kali sampai di orbit Saturnus. Diluncurkan pada April 1973 dan baru sampai di orbit Saturnus pada September 1979.

Berbeda dengan wahana antariksa NASA lain, yakni Cassini, diluncurkan pada Oktober 1997 dan baru mencapai Saturnus pada Juli 2004 silam.

Anda dapat memperkirakan sendiri berapa lama waktu yang diperlukan untuk melihat Saturnus dari dekat dengan mengunjunginya.