Foto: Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013

Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013
Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013. Kredit: David Dickinson
Info Astronomy - Gerhana Bulan Penumbra yang telah terjadi kemarin siang waktu Indonesia (25 Mei 2013 13.00 WIB) sebetulnya tidak begitu spesial. Mengapa?

Gerhana Bulan Penumbra memiliki sebuah ciri khas, yakni walau terjadi gerhana tetap saja Bulan tidak terlihat seperti sedang terjadi gerhana. Ini disebabkan karena Bulan hanya melewati bayangan penumbra Bumi.

Seperti yang pernah dipelajari di bangku sekolah dasar (SD) dahulu, penumbra adalah bayangan sebuah benda (Bulan atau Bumi) yang tidak terlalu pekat.

Ketika gerhana Matahari terjadi, wilayah di Bumi yang terkena penumbra Bulan akan mengalami gerhana Matahari sebagian. Sedangkan saat gerhana Bulan penumbra, kecerlangan Bulan Purnama hanya akan berkurang sedikit dan sangat sulit dideteksi mata telanjang.

Namun, astrofotografer asal Argentina, David Dickinson, berhasil memotret Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Mei 2013 ini. Dalam fotonya di atas, bagian kiri Bulan terlihat redup daripada bagian lainnya.

Gerhana Bulan Penumbra ini tidak bisa diamati di wilayah Indonesia karena saat gerhana terjadi, wilayah Indonesia berada pada sisi yang berlawanan (sedang siang hari) dari Bulan.
Foto: Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013 Foto: Gerhana Bulan Penumbra 25 Mei 2013 Reviewed by Kontributor on 5/26/2013 08:57:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.