Komet Pan-STARRS dan Galaksi Andromeda Berdekatan

Komet Pan-STARRS (kiri), Galaksi Andromeda (kanan). Kredit: Pavel Smilyk
Info Astronomy — Komet Pan-STARRS sedang menuju ke Galaksi Andromeda (M31). Pada malam April tanggal 2 hingga 5, komet cemerlang akan melewati begitu dekat dengan sistem bintang pinwheel sehingga mereka akan terlihat sebagai pasangan yang erat dalam bidang pandang lebar bidang teleskop dan kamera digital.

Astronom amatir Pavel Smilyk dari Syktyvkar, Rusia, memotret pendekatan komet pada 30 Maret 2013. Hasil fotonya dapat Anda lihat di atas. Ekor Komet Pan-STARRS terlihat semakin lebar.

"Foto ini merupakan eksposur 2 menit yang terdiri dari 12 frame dari kamera saya Canon 5D mark2 digital," kata Smilyk.

Saat pendekatan yang terdekat pada 3 sampai 4 April, debu komet berbentuk kipas ekor akan "menyentuh" lengan terluar Galaksi Andromeda.

Tetapi pada kenyataannya, tidak ada kontak fisik akan terjadi, komet masih dalam tata surya, sementara Andromeda adalah 2,5 juta tahun cahaya jauhnya. Berbeda dengan hasil astrofotografi, bagaimanapun, akan terlihat seolah-olah mereka bertumpang tindih dengan jelas.

Komet dan galaksi yang terlihat dengan mata telanjang sebagai bercak kabur samar di langit barat setelah matahari terbenam. Untuk menemukan mereka, memindai langit dengan teropong atau teleskop akan membantu Anda menemui keduanya.