Bongkahan Meteorit Besar Ditemukan di Antartika



Info Astronomy — Tim peneliti meteorit dari Belgo-Japanase menemukan dan memeriksa sebuah bongkahan meteorit dengan berat 18 kilogram. Tim peneliti asal negeri sakura ini menemukan meteorit selama perjalanan lapangan di Nansen Ice Field.

Nansen Ice Field terletak berjarak 140 kilometer dari Princess Elisabeth Antarctica. Ekspedisi bernama BELARE ini telah dilancarkan pada 2012 hingga 2013.

Para pemburu meteorit ini terdiri dari Takashi Mikouchi, Akira Yamaguchi, Christophe Berclaz, Yukihisa Akada, Naoya Imae, Vinciane Debaille, Nadia Van Roosbroek, Wendy Debouge, Geneviève Hublet serta Harry Zekollari. Mereka melakukan kunjungan ke Nansen Ice Field menggunakan kendaraan, Skidoo.

Wikipedia menerangkan, meteorit merupakan pecahan dari asteroid yang berhasil mendarat ke Bumi. Apabila benda luar angkasa ini baru menembus atmosfer Bumi, maka disebut meteor atau bola api.

Meteor merupakan asteroid kecil dari luar angkasa yang tertarik oleh gravitasi Bumi. Ketika memasuki atmosfer bumi, terjadi gesekan udara di lapisan ionosfer menyebabkan meteor menjadi panas dan terbakar menimbulkan cahaya terang.

Dengan demikian, meteor ini juga disebut bintang jatuh. Di Indonesia, meteorit bisa ditemukan di musium geologi Bandung.

Kabarnya, meteorit adalah bahan baku pamor keris yang disukai para Empu. Keris yang mendapat campuran meteorit biasanya ringan namun sangat kuat karena mengandung logam langka, seperti titanium. [Okezone]
Bongkahan Meteorit Besar Ditemukan di Antartika Bongkahan Meteorit Besar Ditemukan di Antartika Reviewed by Kontributor on 3/01/2013 02:21:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.