Perbedaan Suara Musik di Bumi, Titan, Venus, dan Mars

Info Astronomy — Ahli fisika Andi Petculescu dan ahli akustik Profesor Tim Leighton mencoba mencari tahu bunyi alat musik pipe organ bila dimainkan di luar angkasa. Untuk itu, mereka menggunakan komputer untuk membuat model atmosfer di Mars, Venus, dan Titan (bulan yang mengorbit Saturnus).
Di dalam model itu, mereka memutar Toccata and Fugue in D Minor. Hasilnya? Atmosfer Venus menaikkan nada D Minor ke F Minor. “Membuat suara anak-anak terdengar seperti Smurf,” kata Leighton. Sedangkan di Mars dan Titan, nada dasar turun ke Gis Minor dan Fis Minor.
Leighton dan Petculescu juga mendapati bahwa suara di Titan tersalurkan lebih baik daripada di Bumi. Sementara di Mars, suara nyaris tidak terdengar pada jarak 20 meter dari alat musik. “Jelas kita tidak bisa menggelar konser di Mars!” canda Leighton.
Dengan mengetahui karakteristik akustik di luar angkasa, para ilmuwan bisa membuat mikrofon yang lebih akurat. Ilmuwan juga dapat menganalisis suara dan lingkungan dengan lebih baik.
Berikut adalah file MP3 lagu bila didengarkan di Bumi, Titan, Venus, dan Mars. [DN]