Nebula Pacman yang Memiliki Gigi



Info Astronomy — Sebuah nebula yang disebut Nebula NGC 281 ditemukan oleh astronom bernama EE Bernard pada 1883. Nebula itu dijuluki Nabula Pacman, seperti karakter video game Pacman yang terkenal tahun 1980-an karena bentuknya yang mirip mulut yang terbuka.

Teleskop inframerah NASA, Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE), baru-baru ini mengobservasi nebula tersebut dan mendapatkan citra unik. Nebula Pacman tampak memiliki gigi yang tajam. Seperti tampak pada gambar di atas, Nebula Pacman memiliki mulut berbentuk segitiga. Sementara itu, di bagian "mulut" terdapat tonjolan, itulah yang dimaksud dengan gigi.

Gigi tersebut sebenarnya bagian penting dari nebula, tempat bintang-bintang baru terbentuk. Struktur itu terbentuk ketika radiasi dan "angin" dari bintang besar mengempaskan gas dan debu.

Nebula Pacman terletak pada jarak 9.200 tahun cahaya di rasi Cassiopeia. Selain struktur gigi, tampak nebula tersebut berwarna-warni. Warna merah yang tampak merujuk pada bintang paling muda yang sedang terbentuk. Warna biru dan hijau kebiruan merujuk pada sebuah bintang yang terpanas. Sementara, warna hijau dan merah merepresentasikan debu hangat yang ada di nebula itu.

Dari Bumi, NGC 281 tampak redup jika diamati dengan teleskop. Namun demikian, nebula ini sering menjadi obyek pengamatan para astronom amatir. [physicorg]
Nebula Pacman yang Memiliki Gigi Nebula Pacman yang Memiliki Gigi Reviewed by Kontributor on 1/31/2013 01:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.