Saran pencarian

Komet Halley Mencapai Jarak Terjauh dari Matahari dalam Orbitnya

Komet Halley telah mencapai titik kembalinya menuju bagian dalam tata surya. Mari nantikan 38 tahun lagi!
Ilustrasi Komet Halley. Kredit: Shutterstock

InfoAstronomy - Menjadi komet paling terkenal di antara ratusan komet lainnya, Komet Halley per hari ini akan memulai perjalanannya kembali mendekati Matahari untuk hampir 40 tahun ke depan. Penyebabnya? Ia baru saja mencapai aphelion.

Aphelion adalah istilah astronomi yang berarti "jarak terjauh dari Matahari". Dengan kata lain, Komet Halley, pada 9 Desember 2023 kemarin, telah sampai pada titik terjauhnya dari Matahari, titik-kembali-dalam-orbitnya yang membawanya melampaui orbit Neptunus.

Setelah aphelion ini, Komet Halley akan mulai bergerak kembali menuju Matahari, dan kelak akan mencapai perihelion – jarak terdekatnya dengan Matahari – pada bulan Juni tahun 2061, atau 38 tahun lagi dari sekarang. Komet Halley kembali!

Ilustrasi jalur orbit Komet Halley. Kredit: InfoAstronomy.org

Komet ini sebenarnya telah terlihat berkali-kali sepanjang sejarah. Namun, astronom asal Inggris bernama Edmond Halley-lah yang pertama kali menghitung dan memastikan orbitnya bahwa komet tersebut akan kembali sekali setiap 76 tahun sekali. Itulah mengapa namanya "Komet Halley".

Terakhir kali Komet Halley terlihat di langit Bumi adalah pada tahun 1986. Pada saat itu, ekor Komet Halley yang panjang telah memukau banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia.

76 tahun sekali mungkin terasa lama sekali, tetapi sebenarnya orbit Komet Halley cukup pendek dibandingkan dengan kebanyakan komet lainnya. Dalam nama resminya, 1P/Halley, "P" berarti "periodik", mengacu pada komet dengan periode orbit kurang dari 200 tahun, yang dianggap pendek oleh para astronom.

Meskipun usia 76 tahun sering kali merupakan usia hidup yang panjang bagi kita manusia, Komet Halley tampaknya tetap mempertahankan masa mudanya. Menurut para astronom, meskipun diperkirakan telah mengorbit setidaknya selama 16.000 tahun, pengamatan tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan yang jelas pada komet tersebut.

Jadi, sudah siap melihat Komet Halley? Jika berumur panjang, dini hari pada bulan Juni tahun 2061 mendatang kamu bisa melihat kenampakan Komet Halley di langit timur seperti ini:

Ilustrasi kenampakan Komet Halley, Juni 2061. Kredit: Stellarium

Sampai jumpa pada tahun 2061, teman lama.

Referensi:
  • Grewing, M., Praderie, F., & Reinhard, R. (Eds.). (2012). Exploration of Halley’s comet. Springer Science & Business Media.
  • Rao, J. (2023). Halley's Comet begins its 38-year journey back toward Earth tonight. SPACE.com.
  • Whitt, K. K. (2023). Comet Halley to reach farthest point from sun on December 9. EarthSky.org.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.