Citra Pertama Lubang Hitam yang Melontarkan Jet Berhasil Diabadikan!

Untuk pertama kalinya, para astronom berhasil mengamati lubang hitam di pusat galaksi Messier 87 (M87) yang sedang melontarkan jet energik!

Info Astronomy - Untuk pertama kalinya, para astronom berhasil mengamati lubang hitam di pusat galaksi Messier 87 (M87) yang sedang melontarkan jet energik ke luar angkasa. Apa yang dapat dipelajari?

Pengamatan ini sendiri dilakukan pada tahun 2018 dengan pengamatan gabungan dari Global Millimeter VLBI Array (GMVA), Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), dan Greenland Telescope (GLT). Berkat citra terbaru ini, para astronom akhirnya dapat lebih memahami bagaimana lubang hitam dapat meluncurkan jet energik tersebut.

Sebagian besar galaksi memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Lubang hitam dikenal dapat menelan materi di sekitar mereka. Namun, banyak yang belum tahu: lubang hitam juga dapat melontarkan pancaran materi yang kuat yang dapat keluar melampaui galaksi tempat mereka tinggal.

Memahami bagaimana lubang hitam menciptakan pancaran jet energik seperti ini telah menjadi masalah lama dalam astronomi. "Kami sudah tahu bahwa jet dikeluarkan dari wilayah di sekitar lubang hitam," kata Ru-Sen Lu dari Observatorium Astronomi Shanghai di China, "Tetapi kami masih belum sepenuhnya memahami bagaimana hal ini sebenarnya terjadi. Untuk mempelajari ini secara langsung kita perlu mengamati asal jet sedekat mungkin dengan lubang hitam."

Citra terbaru yang diterbitkan hari ini menunjukkan dengan presisi untuk pertama kalinya: bagaimana dasar jet terhubung dengan materi yang berputar-putar di sekitar lubang hitam supermasif. Targetnya adalah galaksi M87, yang terletak 55 juta tahun cahaya dari Bumi kita, rumah bagi lubang hitam bermassa 6,5 miliar kali lebih masif dari Matahari.

Ini adalah pertama kalinya lubang hitam dan jetnya diamati secara bersamaan!

Pancaran jet energik dari lubang hitam sendiri diketahui terbentuk ketika lubang hitam sedang melahap bintang, gas, atau debu di sekitarnya. Aktivitas tersebut membuat terbentuknya cakram akresi di sekitar lubang hitam, berisi materi yang terhisap lubang hitam yang bergerak hampir secepat cahaya.

Alih-alih terhisap seluruhnya ke inti lubang hitam, sebagian materi di cakram akresi ada yang berputar-putar menuju kutub lubang hitam, yang kemudian terlontar ke kedua kutubnya sebagai pancaran jet energik yang berhasil diamati oleh para astronom ini.

Tidak hanya pancaran jet energik, citra terbaru ini juga menampilkan bayangan lubang hitam M87*. Bagian gelap seperti lubang pada citra lubang hitam ini sendiri adalah diameter cakrawala peristiwa lubang hitamnya, sedangkan bagian terang berwarna ungu-kuning adalah cakram akresinya.

Ya, ilmu pengetahuan sudah semaju manusia bisa melihat lubang hitam seperti ini.

• Cui, Y., Hada, K., Kawashima, T., Kino, M., Lin, W., Honma, M., ... & Zhong, W. (2023). Precessing jet nozzle connecting to a spinning black hole in M87.
  • Lu, RS., Asada, K., Krichbaum, T.P. (2023). A ring-like accretion structure in M87 connecting its black hole and jet. Nature 616, 686–690.