Inilah Lokasi yang Kebagian Gerhana Bulan Parsial 19 November 2021


Info Astronomy - Besok, 19 November 2021, fenomena gerhana Bulan parsial akan terjadi. Nah, sudah tahukah kamu apakah daerah kamu kebagian untuk mengamati gerhana ini atau tidak? Yuk cek di artikel ini!

Oh iya, sebelumnya, tahukah kamu apa itu gerhana Bulan parsial?

Gerhana Bulan parsial adalah fenomena yang terjadi ketika Matahari-Bumi-Bulan hampir segaris lurus di tata surya. Dikatakan "hampir" karena memang bidang orbit Bulan masih sedikit miring terhadap ekliptika Bumi, sehingga tidak sampai terjadi gerhana Bulan total.

Gerhana Bulan parsial 19 November ini sendiri akan berlangsung selama 3 jam 28 menit, durasi terpanjang abad ini, sedangkan gerhana penumbra, ketika Bulan melewati bagian dalam dan luar bayangan Bumi, akan berlangsung selama 6 jam 1 menit.

Nah, sekarang, mari kita lihat daerah mana saja yang kebagian melihatnya. Di sini, kami akan memberikan gambaran kondisi langit di Indonesia bagian barat (diwakili oleh Jakarta), Indonesia bagian tengah (diwakili oleh Balikpapan), dan Indonesia bagian timur (diwakili oleh Jayapura) saat gerhana Bulan parsial 19 November 2021 besok terjadi.

Fase 1: Bulan masuk ke bayangan penumbra.

Fase ini terjadi jam 13.02 WIB, 14.02 WITA, dan 15.02 WIT. Bulan sama sekali belum terbit di seluruh wilayah Indonesia karena masih siang hari. Ingat, gerhana Bulan hanya terjadi saat fase Bulan purnama, sehingga Bulan baru terbit saat Matahari terbenam.


Fase 2: Gerhana Bulan parsial dimulai.

Fase ini terjadi jam 14.18 WIB, 15.18 WITA, dan 16.18 WIT. Bulan masih belum terbit di seluruh wilayah Indonesia. Masih siang/sore di sini, padahal gerhana sudah berlangsung.


Fase 3: Puncak gerhana Bulan parsial.

Puncak gerhana, saat Bulan akan terlihat merah, terjadi jam 16.02 WIB, 17.02 WITA, 18.02 WIT. Hanya di Indonesia bagian timur yang bisa lihat, bagi yang berada di Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian tengah, silakan menangis.


Fase 4: Gerhana Bulan parsial berakhir.

Merahnya gerhana akan hilang pada fase ini, yang terjadi jam 17.47 WIB, 18.47 WITA, 19.47 WIT. Bulan masih belum terbit di Indonesia bagian barat. Makin nangis!


Fase 5: Keseluruhan gerhana Bulan berakhir.

Fase ini terjadi jam 19.03 WIB, 20.03 WITA, 21.03 WIT. Bulan sudah terlihat di seluruh wilayah Indonesia, tapi gerhana sudah berakhir.


Bagaimana? Apakah daerah kamu kebagian? Gerhana Bulan parsial 19 November 2021 ini bisa diamati dengan mata telanjang, tidak perlu kacamata gerhana atau takut saat gerhana terjadi karena memang tidak akan ada efek negatif apapun bagi manusia.

Semoga cuaca cerah ya!