Saran pencarian

Cara Melihat Meteor di Langit Malam

Pernahkah kamu melihat meteor di langit malam? Berhasil melihat meteor di langit bisa jadi merupakan pengalaman yang seru. Nah, kalau kamu belum perna
Info Astronomy - Pernahkah kamu melihat meteor di langit malam? Berhasil melihat meteor di langit bisa jadi merupakan pengalaman yang seru. Nah, kalau kamu belum pernah sama sekali melihat meteor, di sini kami berikan kiat-kiatnya.

Sebelum membahas lebih jauh, sudah tahukah kamu apa itu meteor? Jangan-jangan kamu masih menganggap kalau meteor dan komet itu sama?

Meteor merupakan objek batuan kecil dari luar angkasa yang masuk ke atmosfer Bumi kita. Ketika masuk ke atmosfer, pergerakan cepat batuan kecil itu ditambah gesekan dengan atmosfer akan membuat ia terbakar dan memiliki ekor. Nah, dari permukaan Bumi, kita melihatnya sebagai meteor.

Asal muasal batuan kecil itu sendiri adalah dari komet. Komet merupakan objek yang sebagian besar terdiri atas es. Ketika mendekati Matahari, komet akan menguap, membentuk ekor. Penguapan itu bikin material dari permukaannya tertinggal di sepanjang jalur orbit yang ia lewati dalam mengitari Matahari. Nah, pada waktu-waktu tertentu, Bumi kita dapat melintasi bekas jalur orbit komet ini.

Meteor bergerak sangat cepat di langit, bahkan bisa mencapai 60 kilometer per detik. Dengan begitu, kenampakannya di langit hanya 1-2 detik saja, lalu hilang karena sudah terbakar habis di atmosfer sebelum bisa mencapai permukaan Bumi.
Kemunculan meteor di langit pun tidak menentu dan bersifat lokal. Dengan kata lain, meteor merupakan fenomena yang sporadis, dan jika kamu melihat meteor di langit daerahmu, langit daerah lain belum tentu juga melihatnya.

Meski begitu, ada waktu-waktu terbaik untuk melihat meteor, yaitu saat fenomena hujan meteor sedang berlangsung. Eits, tidak perlu takut, hujan meteor hanya istilah karena meteor-meteor yang muncul lebih banyak daripada malam lainnya.

Hujan meteor terjadi ketika Bumi melintasi bekas jalur sebuah komet, sehingga material dari komet yang telah menguap itu akan banyak yang tertarik oleh gravitasi Bumi sehingga masuk lah mereka ke atmosfer sebagai meteor.

Setiap tahunnya ada beberapa fenomena hujan meteor yang terjadi pada tanggal-tanggal tertentu, di antara lain adalah:
  • Hujan meteor Quadrantid, puncaknya 3 Januari, berasal dari asteroid 2003 EH
  • Hujan meteor Lyrid, puncaknya 21 April, berasal dari komet C/1861 G1 (Thatcher)
  • Hujan meteor eta Akuarid, puncaknya 4 Mei, berasal dari komet 1P/Halley
  • Hujan meteor delta Akuarid Selatan, puncaknya 28 Juli, berasal dari komet 96P/Machholz
  • Hujan meteor Perseid, puncaknya 11 Agustus, berasal dari komet 109P/Swift-Tuttle
  • Hujan meteor Orionid, puncaknya 20 Oktober, berasal dari komet 1P/Halley
  • Hujan meteor Taurid Selatan, puncaknya 2 November, berasal dari komet 2P/Encke
  • Hujan meteor Taurid Utara, puncaknya 11 November, berasal dari komet 2P/Encke
  • Hujan meteor Leonid, puncaknya 16 November, berasal dari 55P/Tempel-Tuttle
  • Hujan meteor Geminid, puncaknya 13 Desember, berasal dari asteroid 3200 Phaethon
  • Hujan meteor Ursid, puncaknya 21 Desember, berasal dari komet 8P/Tuttle

Bagaimana cara melihat hujan meteor di atas? Kalau diperhatikan, setiap hujan meteor memiliki nama. Nah, nama-nama tersebut berasal dari titik radian di mana mereka muncul. Sebagai contoh hujan meteor delta Akuarid Selatan yang akan terjadi pada 28 Juli mendatang, meteor-meteor akan muncul dari arah rasi bintang Akuarius.
Kalau kamu tidak tahu di mana arah rasi bintang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta langit seperti Stellarium, Star Chart, Sky Map, dan lain sebagainya, yang bisa kamu unduh gratis untuk gawai yang kamu punya.

Melihat hujan meteor pun butuh kondisi lokasi pengamatan yang mendukung, yang mana dalam hal ini adalah lokasi yang gelap gulita tanpa polusi cahaya. Dengan kata lain, kamu perlu berada jauh dari kota besar pada malam hari untuk melihat hujan meteor. Karena kalau kamu mengamatinya di dalam kota besar atau dekat kota besar, meteor-meteor tidak akan terlihat karena polusi cahaya.

Oh iya, karena pergerakan meteor yang begitu cepat di langit, kamu jadi tidak memerlukan teleskop untuk bisa melihat meteor. Pengamatan hujan meteor bahkan hanya perlu lokasi gelap gulita dan medan pandang ke arah langit yang luas.

Itulah cara melihat meteor di langit malam. Meteor merupakan objek alam semesta yang tidak membahayakan Bumi dan tidak berhubungan dengan hal-hal gaib. Selamat berburu meteor!
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.