Ketika Dua Galaksi di Semesta Saling Cinta

Pernahkah kamu melihat dua galaksi yang sedang jatuh cinta?
Info Astronomy - Pernahkah kamu melihat dua galaksi yang sedang jatuh cinta?

Ketika galaksi saling cinta, mereka akan mendekat satu sama lain dengan gravitasinya. Seiring waktu, kedekatan itu membuat mereka berpapasan sangat dekat, saling berputar, hingga bergabung menjadi satu. Akhirnya, jutaan bayi bintang pun dilahirkan.

Dua galaksi yang sedang jatuh cinta itu dikenal secara kolektif sebagai Arp 256:
Kedua galaksi ini (yang masing-masing disebut Arp 256N untuk yang berada di atas gambar dan Arp 256S untuk yang berada di bawah) berjarak kurang dari 400 juta tahun cahaya dari Bumi. Keduanya merupakan galaksi berbentuk spiral dengan ukuran yang serupa.

Menariknya, mereka tampaknya bukan bagian dari satu gugus galaksi yang sama. Karena dalam pengamatan teleskop antariksa Hubble, tidak ada galaksi lain lagi selain mereka berdua di area tempat mereka berada saat ini. Namun, entah bagaimana, mereka dipertemukan satu sama lain. Mungkin memang seperti itulah jodoh.

Arp 256N dan Arp 256S, menurut EarthSky.org, kini sedang bertabrakan. Alam semesta rupanya telah menakdirkan mereka untuk menyatu. Apa yang kamu lihat pada gambar di atas sendiri, menurut para astronom, merupakan tahap awal tabrakan keduanya, mengingat jarak pusat kedua galaksi ini masih terpisah 100.000 tahun cahaya, sangat jauh.
Arp 256N, tampak pada gambar di atas, memiliki struktur mirip ekor yang memanjang dengan indah. Struktur tersebut merupakan gas dan bintang-bintang yang ditarik oleh gravitasi galaksi Arp 256S. Warna biru pada galaksi tersebut merupakan tempat di mana bintang-bintang terbentuk.

Menurut UniverseToday.com, gangguan gravitasi selama tabrakan galaksi dengan Arp 256S telah membuat awan gas pembentuk bintang di sana juga saling menabrak, sehingga memicu tingginya tingkat pembentukan bintang.

Sementara itu, galaksi Arp 256S tampaknya memiliki apa yang disebut sebagai "inti ledakan bintang", suatu area pada galaksi di mana banyak bintang terbentuk di sana. Ini juga kemungkinan terpicu oleh tabrakannya dengan Arp 256N. Saking banyaknya, galaksi Arp 256S bisa membentuk 5 kali lebih banyak bintang daripada yang galaksi Bimasakti kita bisa lakukan.
Tabrakan galaksi sendiri sebenarnya adalah hal umum di alam semesta, dan bahkan fenomena itulah yang bikin galaksi kita bisa tumbuh begitu besar saat ini. Sepanjang kehidupannya, Bimasakti secara aktif bertabrakan dengan galaksi-galaksi kecil di sekitarnya.

Menariknya, galaksi Andromeda saat ini sedang menuju ke arah galaksi Bimasakti. Dalam sekitar 5 miliar tahun mendatang, cinta Andromeda-Bimasakti juga akan terwujud. Pada akhirnya, nasib galaksi kita tampaknya sama dengan Arp 256, yakni dua galaksi yang akhirnya bergabung menjadi satu, menghabiskan sisa hidup bersama, selamanya.

Sudahkah kamu menemukan cintamu?