-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

21 Maret 2021, Asteroid 2001 FO32 Akan Berpapasan Dekat Bumi

Info Astronomy - Ditemukan 20 tahun yang lalu, asteroid yang dinamai 2001 FO32 akan berpapasan dekat dengan Bumi kita pada Minggu, 21 Maret 2021 pada jarak yang sangat aman, yaitu 2 juta kilometer dari Bumi. Walau begitu, ia akan menjadi asteroid terbesar yang berpapasan dengan planet kita tahun ini.

Diperkirakan, 2001 FO32 berdiameter antara 680 meter hingga 1 kilometer. Menurut Paul Chodas, direktur Center for Near Earth Object Studies, "Kami telah menghitung jalur orbit 2001 FO32 dalam mengelilingi Matahari dengan sangat akurat sejak ditemukan 20 tahun lalu dan telah dilacak secara terus menerus sejak saat itu. Tidak ada kemungkinan asteroid ini akan lebih dekat ke Bumi dari 2 juta kilometer pada tahun ini."

Dengan kata lain, seperti dirangkum dari EarthSky.org, tidak ada potensi tabrakan antara Bumi dengan asteroid 2001 FO32 pada 21 Maret 2021. Justru ini adalah momen yang sangat baik bagi para astronom untuk mengamati asteroid besar pada jarak yang relatif dekat.

Pada momen papasan dekat nanti, para astronom akan melakukan pengamatan radar lewat Deep Space Network yang tersebar di California, Madrid, dan Canberra untuk lebih memahami seperti apa bentuk dan seberapa besar ukuran asteroid ini sebenarnya.

Ada pula penelitian lain yang akan menggunakan Infrared Telescope Facility (IRTF) milik NASA untuk mempelajari sifat inframerah asteroid tersebut. Cahaya dari Matahari yang menyinari sang asteroid sebagian akan diserap dan sebagian lainnya akan dipantulkan. Dengan mempelajari cahaya yang dipantulkan ini, para astronom dapat memperkirakan dari apa asteroid itu terbuat.

Sayangnya, menurut UniverseToday.com, asteroid ini terlalu redup untuk diamati dengan mata telanjang. Namun, kalau kamu memiliki teleskop, kamu mungkin dapat melihatnya. Setelah tahun ini, papasan terdekat 2001 FO32 berikutnya akan terjadi pada tahun 2052, di mana akan sedikit lebih jauh dari papasan dekatnya tahun ini.

Meskipun Bumi kita memang berisiko ditabrak asteroid, saat ini telah diketahui bahwa lebih dari 95 persen asteroid yang bahkan berukuran lebih besar dari 2001 FO32 tidak satupun yang sedang berada dalam jalur tabrakan dengan Bumi setidaknya sampai abad berikutnya.

Jadi, waspada hoaks yang mengatakan kalau asteroid akan menabrak Bumi pada 21 Maret 2021 ya!