-->
Merasa artikel-artikel di InfoAstronomy.org menarik dan bermanfaat untukmu? Dukung kami dengan klik di sini.

Yuk Amati Gerhana Bulan Penumbra 30 November 2020

Info Astronomy - Hari ini, 30 November 2020, ada suatu fenomena gerhana yang dikenal sebagai Gerhana Bulan Penumbra. Sayangnya, sebagian besar wilayah Indonesia kurang ideal untuk bisa melihatnya. Mengapa demikian? Kami akan membahasnya dalam artikel ini.

Sebelum itu, mari kita kenalan dulu dengan gerhana Bulan penumbra. Fenomena gerhana Bulan yang satu ini bisa dibilang merupakan gerhana tak kasat mata. Sebab, walaupun sedang puncak gerhana, Bulan tidak akan tampak "tergigit" ataupun memerah. Wajah Bulan akan biasa-biasa saja, hanya meredup sedikit karena ia hanya masuk bayangan penumbra Bumi.

Bagi yang jarang melihat Bulan, mungkin akan kesulitan menemukan perbedaan antara Bulan biasa dengan Bulan yang sedang masuk gerhana penumbra.

Nah, gerhana Bulan penumbra 30 November 2020 ini akan berlangsung selama 4 jam 20 menit 59 detik. Cukup lama memang. Namun, gerhana dimulai pada pukul 14:32:21 WIB (15:32:21 WITA, 16:32:21 WIT), di mana hari masih siang dan Bulan belum terbit baik di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Dengan begitu, ketika gerhana dimulai, kita tidak bisa melihatnya.
Gerhana Bulan penumbra akan mencapai puncaknya pada pukul 16:44:01 WIB (17:44:01 WITA, 18:44:01 WIT). Pada masa puncak ini, Indonesia bagian timur cukup beruntung karena bisa melihatnya karena Bulan baru saja terbit di timur, posisinya masih rendah di atas cakrawala. Gerhana Bulan penumbra pun bisa diamati hingga berakhir pukul 20:53:20 WIT.

Untuk Indonesia bagian tengah, 15 menit setelah puncak gerhana terjadi Bulan baru saja terbit. Para pengamat di Indonesia bagian tengah pun bisa menyaksikan gerhana Bulan penumbra hingga berakhir pukul 19:53:20 WITA.

Yang kurang beruntung adalah Indonesia bagian barat. Puncak gerhana yang terjadi pada sore hari pukul 16:44:01 WIB di mana Bulan belum terbit, gerhana Bulan penumbra pun sulit diamati karena akan berakhir pada pukul 18:53:20 WIB.

Gerhana Bulan penumbra paling baik kalau diamati melalui teleskop. Kamu dapat dengan mudah melihat perubahan cahaya Bulan dari yang tadinya terang menjadi meredup karena digerhanai oleh penumbra Bumi.

Itulah jadwal gerhana Bulan penumbra hari ini. Semoga cuaca cerah agar kamu bisa menyaksikannya ya!
BERIKAN KOMENTAR ()