14 Juli 2020: Malam Terbaik untuk Melihat Planet Jupiter

Info Astronomy - Belakangan ini, apakah kamu sering melihat bintang terang di langit timur sejak awal malam? Kalau kamu melihatnya lewat teleskop, objek tersebut bukanlah bintang, melainkan planet Jupiter. 14 Juli 2020 ini adalah waktu terbaik untuk melihat Jupiter, lho!

Mengapa malam ini menjadi malam terbaik untuk melihat Jupiter? Sebab Jupiter akan mencapai titik oposisi terhadap Matahari, atau posisinya berada di arah yang berlawanan dengan Matahari di langit Bumi. Dengan kata lain, Matahari-Bumi-Jupiter sedang berada segaris lurus di bidang tata surya.

Dalam pandangan dari Bumi, Jupiter akan terlihat sepanjang malam karena ia akan terbit saat Matahari terbenam dan terbenam keesokan harinya saat Matahari terbit. Jupiter juga akan berada pada jarak terdekat dari Bumi dalam orbitnya mengelilingi Matahari.

Eits, jangan takut dulu. Dekat di sini masih dalam skala kosmis kok. Menurut In-the-sky.org, jarak Bumi-Jupiter malam ini masih akan sekitar 4,14 AU, atau sekitar 619 juta kilometer. Dengan begitu, kenampakan Jupiter di langit masih akan seperti bintang terang saja, tetapi lebih terang -- paling terang pada tahun ini -- dengan magnitudo visual -2,7.

Untuk menemukan Jupiter di langit pun sangat mudah. Amati langit timur sekitar sejam setelah Matahari terbenam sore ini, kamu akan menemukan Jupiter muncul sebagai bintang kuning terang yang bertengger di sana.
Kamu butuh teleskop dengan pembesaran minimum 75x untuk bisa melihat Jupiter lebih jelas seperti pada gambar di atas. Selain bisa melihat garis-garis atmosfer pada permukaan Jupiter, pengamatan lewat teleskop juga memungkinkan kamu untuk melihat 4 bulan terbesar yang mengelilingi Jupiter, yakni Ganimede, Europa, Kalisto, dan Io.

Pada tahun 2020 ini, menurut EarthSky.org, sebenarnya Jupiter mencapai oposisi pada 14 Juli 2020 tepat pada pukul 15:00 WIB. Meski begitu, malam harinya pada tanggal yang sama jarak Jupiter dari Bumi masih belum berubah kok.

Fenomena oposisi seperti ini hanya dapat terjadi pada planet yang orbitnya terletak lebih jauh dari Matahari daripada Bumi. Dengan begitu, kita di Bumi bisa melihat oposisi untuk Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus setiap tahun mengingat kecepatan orbit Bumi lebih cepat daripada planet-planet ini.

Semoga cuaca daerahmu cerah malam ini. Mari bersiap mengamati Jupiter!