Malam Observasi Bulan Internasional 2019 Jatuh pada 5 Oktober

Info Astronomy - Tahukah kamu? Setiap tahunnya, seluruh pengamat Bulan di seluruh dunia merayakan Malam Observasi Bulan Internasional (MOBI). Untuk tahun 2019 ini, MOBI akan dilaksanakan pada malam ini, 5 Oktober 2019.

MOBI sendiri merupakan acara tahunan yang secara khusus digelar sejak tahun 2010 untuk menumbuhkan keingintahuan akan Bulan, satu-satunya satelit alami yang mengelilingi Bumi kita. Lewat MOBI, komunitas-komunitas astronomi di seluruh dunia bisa memiliki momen yang pas untuk mengadakan acara seperti pengamatan hingga belajar tentang Bulan bersama-sama.

Kegiatan ini sendiri selalu dilakukan pada bulan September atau Oktober, atau tepatnya pada saat Bulan sedang berada atau dekat dengan fase separuh awal, sebuah fase yang bagus untuk mengamati dan mempelajari Bulan.

Pada fase separuh awal, kita bisa melihat fitur-fitur Bulan lebih jelas seperti kawah dan pegunungan. Sinar Matahari yang hanya separuh dalam menyinari Bulan itu akan membuat banyak bayangan dari kawah-kawah atau pegunungan di Bulan. Sangat berbeda dengan ketika fase purnama, di mana Matahari menyinari tepat di atas kepala jika kamu berada di Bulan.
Untuk ikut merayakan MOBI, kamu bisa melakukan pengamatan Bulan sendiri di rumah dengan teleskop, atau ikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas-komunitas astronomi yang tersebar di seluruh Indonesia, yang lokasinya bisa kamu cek pada tautan berikut: Ikut MOBI.

Pada saat MOBI berlangsung malam ini, kamu tidak hanya akan bisa melihat Bulan saja, melainkan juga ada planet Saturnus yang sedang tampak di sebelah Bulan dalam peristiwa yang dikenal sebagai konjungsi.

Dalam astronomi, konjungsi adalah fenomena di mana dua atau lebih benda langit tampak berada di arah yang sama dalam pandangan dari Bumi, hal yang terjadi karena benda-benda langit tersebut sedang berada segaris lurus dengan Bumi kita.

Nah, pada malam 5 Oktober ini, Bulan dan Saturnus hanya akan terpisah sejauh 4 derajat saja. Nantinya, kamu akan menemukan Saturnus yang muncul bagai bintang kuning terang di dekat Bulan persis seperti pada ilustrasi di bawah ini:
Pastikan cuaca cerah, kamu hanya perlu mendongak ke arah langit sambil menikmati pemandangan benda-benda langit yang cantik. Penggunaan teleksop sangat disarankan dalam pengamatan Saturnus karena kamu bisa menemukan adanya cincin dan beberapa bulan terbesar Saturnus dalam pandangan teleksop.

Selamat merayakan MOBI!
BERIKAN KOMENTAR ()