Apa Jadinya Jika Bumi Berukuran Dua Kali Lebih Besar?

Info Astronomy - Bumi, satu-satunya planet berkehidupan yang diketahui di tata surya, merupakan rumah yang sangat ideal bagi manusia. Tapi, apa jadinya ya kalau Bumi dua kali lebih besar dari saat ini?

Dalam perumpamaan ini, mari kita asumsikan hanya massa Bumi saja yang bertambah dua kali lipat, tetapi tidak pada densitasnya. Bumi yang jelas akan mengalami banyak perubahan kalau itu terjadi, dan perubahan-perubahan besarnya kami coba jelaskan di artikel ini.

1. Gravitasi Meningkat

Dengan massa Bumi yang meningkat, gravitasi planet kita juga akan meningkat karena massa berbanding lurus dengan gravitasi. Gravitasi yang meningkat ini akan membuat bobot tubuh kita juga ikut menningkat. Jadi, saat kamu nantinya mencoba mengukur berat badan, angka yang terpampang pada timbangan akan dua kali lipat dari angka sebelumnya.

2. Berjalan Jadi Sulit

Ya, akan lebih sulit bagi kita untuk berjalan ke sana-sini. Karena gravitasi yang meningkat dua kali lipat, kita akan membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk bisa berjalan. Tubuh akan terasa berat, rasanya seperti sedang menggendong seseorang di punggung kita. Tidak cuma itu saja, tulang dan otot kita akan lebih rapuh karena tidak kuat untuk menopang berat badan yang bertambah.

3. Adaptasi dan Evolusi

Akan terjadi adaptasi dan evolusi makhluk hidup yang berubah saat gravitasi Bumi meningkat, termasuk yang terjadi pada tubuh kita. Manusia pada akhirnya akan menjadi lebih pendek karena akan terus-menerus ditarik ke bawah oleh gravitasi yang kuat, hewan-hewan juga demikian, menyebabkan semua jenis spesies menjadi lebih pendek.

Namun, hewan-hewan kecil tampaknya akan lebih sedikit terpengaruh karena kebutuhan energi bagi mereka untuk bergerak tidak meningkat secara signifikan. Gravitasi yang lebih kuat akan berpengaruh pada hewan-hewan yang biasa berada di atas tanah, entah itu terbang atau berada di atas pohon, mereka akan kesulitan memanjat karena bobot tubuhnya bertambah.

4. Hutan-hutan akan Tumbang

Seberapa tinggi pohon bisa tumbuh? Sebenarnya, hal itu ada hubungannya dengan gravitasi, lho. Sebuah pohon akan terus tumbuh selama jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengangkut air ke atas akan lebih sedikit dari jumlah energi yang diperolehnya dari fotosintesis.

Dengan terjadinya peningkatan gravitasi ketika ukuran massa Bumi bertambah dua kali lipat, hal itu akan mengganggu keseimbangan pohon karena akan membutuhkan lebih banyak energi untuk memindahkan air ke batang pohon. Akibatnya, banyak pohon-pohon di hutan yang mati dan tumbang. Pohon-pohon yang baru tumbuh akan tumbuh dalam ukuran yang pendek.

5. Gunung Berapi akan Meletus

Jumlah elemen yang tidak stabil di dalam perut Bumi juga akan meningkat dengan massa yang bertambah, yang menyebabkan pemanasan berlebihan dan peningkatan aktivitas vulkanik pada planet kita.

Gunung berapi yang tersebar di seluruh dunia yang pada awalnya tidak aktif pada akhirnya akan terbangun dari tidurnya, meletuskan lahar-lahar panas dari isi perut Bumi. Pada akhirnya, aktivitas gunung berapi yang lebih intens itu akan mengubah wajah Bumi, menciptakan area daratan-daratan baru. Perubahan iklim juga mungkin terjadi karena gas dari letusan memengaruhi atmosfer.

Nah, itulah hal-hal besar yang akan terjadi apabila Bumi secara tiba-tiba bertambah ukuran massanya dua kali lebih besar dari saat ini. Untungnya, hal yang seperti itu tidak akan pernah terjadi, secara ilmiah.


Referensi: CosmosUp, LiveScience.
BERIKAN KOMENTAR ()