Belajar Tata Surya Lewat Buku

Info Astronomy - Bumi dan seluruh planet diketahui mengelilingi sebuah bintang yang biasa-biasa saja di alam semesta, yang manusia kenal sebagai Matahari. Sistem keplanetan ini membentuk apa yang dikenal sebagai tata surya. Tapi, sejauh mana kamu mengenal tata surya sendiri?

Para astronom menemukan bahwa tidak hanya Matahari saja yang dikelilingi oleh planet-planet. Tetapi, bintang-bintang lain juga banyak yang demikian, yang diketahui sebagai tata surya lain selain tata surya kita.

Belajar tata surya mungkin sudah pernah kita alami semasa duduk di bangku sekolah dasar. Saat itu, sebagian dari kita mungkin masih mengenal Pluto sebagai planet. Tapi per tahun 2006, Pluto dikeluarkan dari keluarga planet, turun status menjadi planet kerdil.

Atau, kita juga belajar mengenai Jupiter lah planet terbesar di tata surya, dengan Saturnus yang merupakan planet bercincin termegah. Tapi tahukah kamu kalau Jupiter, Uranus, dan Neptunus juga punya cincin? Walaupun tak semegah Saturnus, cincin ketiga planet tersebut memanglah ada.

Tata surya kita juga tidak berakhir di Pluto, tetapi masih ada ribuan bahkan jutaan benda langit lainnya di luar orbit Pluto yang mengitari Matahari kita. Benda-benda langit tersebut ada yang berada di Sabuk Kuiper, hingga di Awan Oort.

Tunggu.. tunggu... Apa itu Awan Oort?

InfoAstronomy.org mengajak pembaca mengenali tata suryanya lebih dalam lewat sebuah buku. Per hari ini, 29 Maret 2019, kami dengan bangga meluncurkan sebuah buku baru berjudul "TATA SURYA".

Buku ini berisi penjelasan runut mengenai tata surya kita beserta seluruh isinya, dengan penjabaran yang menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, bahkan oleh orang awam sekalipun.

Ingin membacanya?

Kamu bisa mendapatkannya di InfoAstronomy Store. Klik di sini.