17 September 2018: Planet Saturnus Berkencan dengan Bulan

Bulan-Saturnus 17 September 2018. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Pernahkah kamu melihat kenampakan planet Saturnus di langit malam? Mulai selepas Matahari terbenam tanggal 17 September 2018, Bulan akan menjadi pemandumu untuk menemukan sang planet bercincin itu.

Ya, Bulan dan planet Saturnus akan tampak dekat satu sama lain dalam pandangan dari permukaan Bumi, keduanya akan berada sejauh 2°03' satu sama lain tepat pada pukul 23:45 WIB (17/9). Dengan begitu, inilah saat yang menarik untuk mengamati Saturnus.

Di langit Indonesia, kencannya Bulan dan Saturnus ini akan terlihat mulai pukul 18:00 waktu setempat daerahmu, yakni pada ketinggian 73° di atas cakrawala selatan. Pasangan kosmis ini bisa terus diamati sampai sekitar pukul 23:50 waktu setempat, ketika keduanya berada di bawah 8° dari cakrawala barat daya.

Dalam astronomi, peristiwa ini dikenal sebagai konjungsi. Saat momen konjungsi, Bulan akan bersinar di magnitudo -11,9, sementara Saturnus di magnitudo 0,2. Keduanya akan tampak berada di depan rasi bintang Sagitarius.

Oh iya, dalam pandangan mata telanjang, Saturnus hanya akan muncul bagaikan bintang kuning terang di dekat Bulan. Kamu butuh teleskop untuk bisa melihat Saturnus lebih jelas lengkap dengan cincinnya. Belum punya teleskop? Kamu bisa beli di InfoAstronomy Store.

Sayangnya, keduanya akan terlalu jauh terpisah untuk muat dalam satu bidang pandang teleskop, tetapi bisa terlihat dengan mata telanjang atau melalui binokuler selama cuaca cerah.

Selamat mengamati~
BERIKAN KOMENTAR ()