Hubble Jepret Galaksi Sedatar Panekuk

ESO 373-8. Kredit: ESA/Hubble, NASA
Info Astronomy - Terletak pada jarak sekitar 25 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi, inilah galaksi spiral yang dikatalogkan sebagai ESO 373-8. Bersama dengan setidaknya tujuh galaksi tetangganya, galaksi ini termasuk dalam gugus galaksi NGC 2997.

Memang, struktur spiral galaksi ESO 373-8 ini tak terlalu tampak terlihat. Sebab dari Bumi, kita melihat galaksi ini dari tepiannya, sehingga terlihat datar bagaikan panekuk.

Pada kenyataannya, bentuk galaksi ini hampir mirip dengan galaksi kita, Bimasakti, bila kita melihat dari atasnya (atau bawahnya), yakni jenis galaksi spiral, jenis galaksi yang terdiri dari cakram galaksi yang datar dan berputar mengelilingi pusatnya. Galaksi spiral berisi bintang, medium antarbintang, dan memiliki tonjolan di bagian tengah galaksi yang terdiri atas bintang-bintang tua.

Galaksi spiral juga memiliki setidaknya satu lengan. Lengan tersebut terbentuk dari momentum sudut aliran bintang dari pusat galaksi ke bagian pinggiran galaksinya. Yang menarik, jenis galaksi ini juga merupakan jenis paling mayoritas di alam semesta.

Menurut morfologi galaksi, setidaknya ada tiga jenis galaksi di alam semesta; yakni spiral, elips, dan tak beraturan. Dari ketiga jenis galaksi ini, galaksi spiral adalah jenis atau bentuk galaksi yang paling banyak ditemukan.

Dari pengamatan yang telah dilakukan oleh para astronom, diperkirakan bahwa 75% galaksi di alam semesta merupakan galaksi spiral, 20% galaksi elips, dan 5% sisanya adalah galaksi tak beraturan.

GALAKSI ITU DATAR!!1!!1!