Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

29 Mei 2018: Bulan Purnama Terbit Malam Ini

Malam ini, 29 Mei 2018, Bulan akan masuk ke fase purnama. Di fase ini, seperti biasa, Bulan akan tampak penuh karena hampir seluruh permukaannya yang menghadap ke Bumi tersinari oleh Matahari kita.
Bulan. Kredit: NASA
Info Astronomy - Malam ini, 29 Mei 2018, Bulan akan masuk ke fase purnama. Di fase ini, seperti biasa, Bulan akan tampak penuh karena hampir seluruh permukaannya yang menghadap ke Bumi tersinari oleh Matahari kita.

Bulan purnama malam ini akan terbit pada pukul 17:38 WIB. Dengan kata lain, Bulan sudah bisa diamati tepat saat Matahari terbenam. Waktu-waktu ini juga waktu terbaik untuk mengamatinya karena Bulan masih berada di dekat cakrawala, yang akan tampak seolah lebih besar.

Walau begitu, secara astronomis fase Bulan purnama baru terjadi pada pukul 21:21 WIB. Saat itu, Bulan akan berada di depan rasi bintang Ofiukus, deklinasi -17°18', muncul dengan diameter sudut selebar 29'56", dan akan berjarak sekitar 393.800 kilometer dari Bumi kita.

Menariknya, Bulan purnama 29 Mei 2018 ini merupakan purnama ketiga dari tiga Bulan purnama untuk musim ini. Dalam hal ini, musim yang dimaksud adalah periode waktu antara ekuinoks ke solstis.

Bila diurutkan, sejak ekuinoks pada 20 Maret, sudah terjadi Bulan purnama pada 31 Maret dan 30 April, maka Bulan purnama 29 Mei ini adalah yang ketiga sebelum solstis Juni mendatang. Dengan begitu, Bulan purnama malam ini bisa disebut sebagai Bulan Biru.

Eits, cuma sebutan saja ya, Bulan tidak akan benar-benar berwarna biru. Selamat observasi~


Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com