Jumat Dini Hari, Lihat Bulan Sabit, Mars, dan Jupiter di Langit

Bulan, Mars, dan Jupiter di langit timur saat dini hari, 12 Januari 2018. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Sering bangun dini hari? Anda berkesempatan untuk mengamati Bulan sabit yang ditemani oleh planet Mars dan Jupiter pada Jumat, 12 Januari 2018. Ketiganya akan tampak berdekatan, sehingga sangat menarik untuk diabadikan.

Bila Anda belum pernah mengamati planet di langit sebelumnya, ini adalah kesempatan pengamatan yang bagus dan harus dimanfaatkan. Bulan akan memandu Anda menemukan Mars dan Jupiter yang dalam pandangan mata telanjang muncul bagaikan bintang terang yang tidak berkelap-kelip.

Ya, Anda sebenarnya butuh teleskop bila ingin melihat Mars dan Jupiter lebih jelas. Namun, bila belum punya teleskop, pengamatan masih bisa dilakukan.

Planet Mars dan Jupiter akan terbit di langit timur mulai pukul 01.50 waktu setempat daerah Anda (12/1), sementara Bulan baru akan terbit pada pukul 02.10 waktu setempat daerah Anda. Ketiga benda langit ini bisa mulai diamati ketika mereka sudah cukup tinggi di atas cakrawala timur, kami menyarankan untuk mulai pengamatan pukul 02.45 waktu setempat.

Konjungsi Bulan, Mars, dan Jupiter. 12 Januari 2018. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Anda tidak akan kesulitan untuk mengetahui mana yang merupakan planet Mars dan mana yang Jupiter. Sebab, planet Mars akan muncul lebih redup (dan cahayanya berwarna kemerahan) daripada Jupiter, lebih tepatnya planet Jupiter muncul 20 kali lebih terang daripada Mars saat ini. Mereka berdua bertengger di rasi bintang Libra.

Peristiwa ini hanya merupakan konjungsi biasa dan bisa diamati di seluruh Indonesia. Tidak akan ada dampak negatif apapun yang akan terjadi pada Bumi kita.

Setelah konjungsi ini, Bulan akan meninggalkan rasi bintang Libra dan memasuki rasi bintang Skorpius akhir pekan ini. Sementara Mars dan Jupiter masih terus berduet di rasi bintang Libra sepanjang Januari 2018.

Sebelum akhir Januari nanti, Mars akan berpindah ke rasi bintang Skorpius. Jupiter -- yang mengorbit Matahari jauh di tata surya kita, sehingga bergerak lebih lambat di depan bintang latar belakang -- tidak akan bergerak ke Skorpius sampai November 2018. Itu berarti kita bisa terus mengamati Jupiter selama berbulan-bulan ke depan.

Jadi, selamat berburu planet. Semoga cuaca cerah agar pengamatan bisa berjalan lancar.