Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

NASA Undang Masyarakat Dunia untuk Berburu Planet

Lembaga Antariksa AS (NASA) mengundang Anda dan seluruh masyarakat dunia untuk membantu mencari planet di tepian Tata Surya kita, maupun planet ekstrasurya. Anda tidak butuh teleskop, sebab dengan komputer atau gawai dan koneksi internet, Anda bisa ikut berpartisipasi.
Ilustrasi bintang katai cokelat. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Lembaga Antariksa AS (NASA) mengundang Anda dan seluruh masyarakat dunia untuk membantu mencari planet di tepian Tata Surya kita, maupun planet ekstrasurya. Anda tidak butuh teleskop, sebab dengan komputer atau gawai dan koneksi internet, Anda bisa ikut berpartisipasi.

Sebuah situs web baru yang disebut Backyard Worlds: Planet 9, memungkinkan siapapun, dari kalangan manapun, apapun jenjang pendidikannya untuk berpartisipasi dalam pencarian planet tersebut dengan melihat film singkat yang dibuat dari gambar yang diambil oleh instrumen Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) milik NASA. Film tersebut menyoroti objek yang secara bertahap bergerak melintasi langit.

"Ada banyak wilayah di alam semesta yang sangat luas ini yang belum diselidiki," kata pemimpin peneliti Marc Kuchner, astrofisikawan Goddard Space Flight Center NASA di Maryland, AS.

WISE telah mengamati seluruh bagian langit antara tahun 2010 hingga 2011, memproduksi survei langit paling komprehensif pada panjang gelombang inframerah yang kini telah tersedia untuk bisa diakses secara gratis oleh publik dunia.

Dengan selesainya misi untuk menyurvei langit, WISE sebenarnya sudah dipensiunkan pada tahun 2011. Namun ia telah diaktifkan kembali pada tahun 2013 dan diberi misi baru untuk membantu upaya NASA mengidentifikasi asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi. Misi ini berganti nama Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE).

Situs web Backyard Worlds: Planet 9 yang diluncurkan NASA menggunakan data untuk mencari benda-benda asing yang tidak diketahui di dalam Tata Surya kita. Publik dunia bisa membantu dengan menemukan benda-benda asing tersebut lalu melaporkan penemuannya kepada NASA.

Pencarian juga dapat dilakukan dalam rangka menemukan benda-benda di luar Tata Surya kita yang berjarak lebih jauh, seperti katai cokelat misalnya, yang kadang-kadang disebut juga sebagai bintang gagal. Katai cokelat diketahui berbentuk seperti bintang, tapi berevolusi seperti planet.

Pencarian planet pada situs Backyard Worlds: Planet 9 bergantung pada mata manusia karena kita mudah mengenali benda yang bergerak. Ini seperti versi pencarian planet abad ke-21 dari teknik pencarian planet yang dilakukan astronom Clyde Tombaugh untuk menemukan Pluto pada tahun 1930.

Jika Anda menemukan objek bergerak pada kumpulan film singkat di situs web Backyard Worlds: Planet 9, temuan Anda akan diprioritaskan oleh tim sains untuk dilakukan pengamatan lanjutan oleh para astronom profesional. Jika terkonfirmasi, akan ada kredit bagi nama Anda dalam publikasi ilmiah yang dihasilkan dari proyek tersebut.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari berburu planet!

Kunjungi situs web Backyard Worlds: Planet 9 di sini: backyardworlds.org
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.