Bagaimana Cara Menjadi Seorang Astronom?

Astronom amatir. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Banyak orang yang menyukai astronomi lalu ingin menjadi seorang astronom. Siapa itu astronom? Bagaimana cara menjadi astronom dan apa saja yang dilakukan seorang astronom? Artikel ini siap menjadikanmu astronom!

Sebetulnya, ada dua "jenis" astronom di muka Bumi; astronom amatir dan astronom profesional. Dua "jenis" ini sebenarnya sama saja; sama-sama mengamati langit, tapi ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Oh iya, jangan remehkan arti kata "amatir" dalam astronom amatir. Bukan berarti amatiran identik dengan asal-asalan atau tidak bermutu. Sebutan amatir hanya membedakan diri dengan kata "profesional", yaitu sesuatu yang dijadikan sebagai pekerjaan atau profesi.

Apa yang dilakukan oleh astronom amatir didasari oleh rasa cinta dan semangat untuk belajar terus-menerus apapun yang berkaitan dengan astronomi. Jika Anda suka mengamati langit malam, suka belajar astronomi dengan membaca-baca buku atau artikel yang berkaitan, Anda adalah astronom amatir.

Menjadi astronom amatir tidak perlu harus tahu banyak tentang astronomi. Memiliki sikap yang tidak cuek bebek pada apa-apa yang terpampang di langit, misalnya ada kenampakan Venus, maka kita bisa menyebut diri kita sebagai astronom amatir.

Lalu, apa itu astronom profesional? Sederhananya, astronom profesional adalah astronom amatir yang menjadikan astronomi sebagai pekerjaan atau profesi utamanya. Pada umumnya jalur pendidikan menuju astronom profesional tidak hanya terpaku pada pendidikan tinggi astronomi, walaupun hal ini dapat membantu.

Pada intinya, astronom amatir adalah orang yang menjadikan astronomi sebagai hobi. Sementara itu, astronom profesional lebih lekat dengan studi alam semesta yang mendalam, yakni seseorang yang menggeluti bidang ini adalah mereka yang mempelajari benda-benda langit, planet, Bulan, bintang, materi gelap, galaksi, dan lain-lain.