Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Saturnus dan Satelit Alami Kecilnya, Mimas

Pemandangan yang menakjubkan ini menampilkan salah satu satelit alami kecil milik Saturnus, Mimas, dengan perbandingan cincin Saturnus yang megah. Anda mungkin berpikir bahwa cincin lebih besar dari Mimas, tapi ternyata sebaliknya, lho!
Saturnus dan Mimas. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Info Astronomy - Pemandangan yang menakjubkan ini menampilkan salah satu satelit alami kecil milik Saturnus, Mimas, dengan perbandingan cincin Saturnus yang megah. Anda mungkin berpikir bahwa cincin lebih besar dari Mimas, tapi ternyata sebaliknya, lho!

Cincin Saturnus memiliki massa yang tidak lebih besar dari massa Mimas, atau mungkin hanya sebagian kecil dari massa Mimas. Cincin tersebut terbuat dari partikel es kecil yang tersebar di area yang luas.

Cincin juga sangat tipis, tidak lebih tebal dari ketinggian rumah lantai dua di Bumi. Sementara Mimas memiliki lebar sekitar 396 kilometer.

Pandangan yang dipotret oleh wahana antariksa Cassini ini sisi Saturnus, cincin, dan Mimas yang diterangi Matahari. Cassini memotret citra ini dari sudut sekitar 6 derajat di atas bidang cincin. Citra ini diambil dalam panjang gelombang inframerah dengan kamera wide-angle yang tersemat pada Cassini.

Cassini memperoleh citra ini pada 21 Juli 2016 dari jarak sekitar 907.000 kilometer dari Saturnus dan pada kedudukan di mana Matahari-Cassini-Saturnus berada satu garis lurus dala. sudut 31 derajat. Sekadar info tambahan, citra ini memiliki resolusi 54 kilometer per piksel.
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.